BAB I

PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

Saat ini, teknologi mengalami kemajuan yang cukup pesat, di mana perkembangan teknologi secara langsung mempengaruhi laju perkembangan ekonomi yang sangat fluktuatif. Keadaan ekonomi yang terus berfluktuasi tentunya akan membawa dampak pada kelangsungan dunia usaha. Bila perekonomian stabil maka dunia usaha tidak perlu mengalami kekhawatiran mengenai kelangsungan usahanya, namun bila keadaan perekonomian memburuk maka keberadaan dunia usahapun akan terancam. Tidak hanya itu, makin ketatnya persaingan juga semakin memperbesar kemungkinan bahwa suatu usaha akan sulit untuk mempertahankan usahanya.

Persaingan dalam dunia usaha adalah faktor ekstern yang tidak mungkin dapat dihindari dan tidak dapat dikendalikan oleh suatu perusahaan, namun demi mempertahankan keberadaannya, suatu perusahaan dapat melakukan upaya-upaya dari dalam (intern) perusahaan. Upaya intern yang dapat dilakukan antara lain dengan memaksimalkan pemanfaatan sumber daya yang dimiliki perusahaan. Dengan adanya pemanfaatan seluruh sumber daya yang ada dengan baik dan seefisien mungkin maka diharapkan laba/ profit yang menjadi tujuan utama perusahaan akan meningkat.

Pemanfaatan seluruh sumber daya yang berupa 5 M ( man, material, machine, money, method ) secara maksimal dapat dicapai bila ada perencanaan yang baik. Pada perusahaan manufaktur dimana terdapat lima unsur tersebut, unsur-unsur tersebut pada dasarnya akan berpengaruh pada penjualan barang jadi yang diproduksi. Produksi barang jadi tidak lepas dari kebutuhan akan ketersediaan bahan baku.

Bahan baku yang tersedia di pabrik dalam satu periode tidak boleh dikesampingkan. Jumlah persediaan bahan baku tidak boleh kurang atau bahkan jauh melampaui kapasitas produksi yang direncanakan perusahaan.

Jumlah persediaan bahan baku yang kurang dari standar jumlah produksi menyebabkan jumlah permintaan barang jadi yang diminta menjadi tidak terpenuhi. Dampaknya bila ada barang sejenis dari perusahaan pesaing tersedia di pasar maka akan beresiko konsumen kita akan beralih pada produk pesaing. Sebaliknya bila jumlah persediaan bahan baku berlebih maka akan meningkatkan biaya-biaya (costs) yang harus ditanggung perusahaan, seperti biaya penyimpanan bahan baku dan biaya yang harus ditanggung bila bahan baku yang terlalu lama disimpan mengalami kerusakan.

Untuk menghindari tidak tepatnya persediaan bahan baku, maka diperlukan suatu perencanaan sebagai alat untuk mengendalikan bahan baku agar sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Salah satu cara pengendalian tersebut adalah dengan penyusunan budget (anggaran).

Beberapa bentuk anggaran diantaranya anggaran produksi, anggaran penjualan, anggaran pemakaian bahan baku dan anggaran biaya bahan baku yang semuanya saling berkaitan. Pada dasarnya penyusunan anggaran bertujuan agar sumber daya dalam perusahaan dapat digunakan seefisien dan seefektif mungkin. Disusunnya anggaran dapat menjadi pedoman bagi pihak yang terkait dalam perusahaan sekaligus dapat digunakan sebagai tolok ukur terhadap penyimpangan-penyimpangan yang seringkali terjadi dalam perusahaan. Sehingga bila anggaran dapat difungsikan dengan benar diharapkan akan semakin meningkatkan laba perusahaan.

Perencanaan dan pengendalian melalui penyusunan anggaran ini dirasa sangat perlu terutama bagi prospek perusahaan di masa mendatang karena dengan mengetahui peramalan (forecast) keadaan perusahaan di masa datang maka saat ini perusahaan dapat memperkirakan langkah- langkah ataupun kebijakan apa saja yang dapat diambil untuk mempertahankan bahkan meningkatkan kinerja demi kelangsungan hidup perusahaan.

Berdasar dari hal-hal tersebut, maka penulis ingin menelaah lebih dalam mengenai anggaran perusahaan yang dapat diterapkan dalam perusahaan sebagai alat pengendalian. Anggaran/ budget yang akan dibahas adalah anggaran produksi, anggaran penjualan, anggaran pemakaian bahan baku dan anggaran biaya bahan baku yang semuanya sangat berperan penting bagi suatu perusahaan. Karena itulah maka penulis menjadikan Budgeting sebagai topik dalam penyusunan Laporan Praktek Kerja Nyata (PKN) dengan judul :

“ANALISIS ANGGARAN PRODUKSI SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN TERHADAP PERSEDIAAN BAHAN BAKU PADA PK. ROSELLA BARU PT. PERKEBUNAN NUSANTARA XI ( Persero) “

Skripsi Daftar Pustaka

Skripsi Lengkap (bab 1-5 dan daftar pustaka) untuk judul diatas bisa dimiliki segera dengan mentransfer dana Rp300ribu Rp200ribu. Setelah proses pembayaran selesai skripsi dalam bentuk softcopy (Msword) langsung kita kirim lewat email kamu pada hari ini juga. Layanan informasi ini sekedar untuk referensi semata. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Cara pesan: Ketik Judul yang dipilih dan alamat email kamu kirim ke 0817-273-509

 
atau bisa telepon langsung.

Kami akan selalu menjaga kepercayaan Anda!

Related Articles: