BAB I

PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang

Dalam pemilihan Sekolah Menengah Atas (SMA) banyak pertimbangan yang dilakukan oleh para orang tua siswa lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP), maupun siswa tersebut, faktor-faktor yang menjadi pertimbangan antara lain : Faktor nilai ujian akhir kelulusan, yaitu nilai   akhir dari kelulusan siswa, dimana  sekolah  lanjutan  akan  menerima  siswa  dengan  pertimbangan  nilai tertentu. Faktor jarak sekolah, dimana jarak menjadi suatu pertimbangan  apabila jarak sekolah dekat dengan rumah maka menjadi suatu pertimbangan dari pada sekolah dengan jarak yang jauh. Faktor angkutan umum, pada dasarnya transportasi sangatlah penting berfungsi melayani mobilitas orang barang dan jasa, dalam hal pemilihan sekolah lanjutan, para orang tua juga akan mempertimbangkan jangkauan sekolah tersebut oleh sarana transportasi atau angkutan umum yang ada, apabila suatu sekolah tidak terdapat / tidak terjangkau sarana transportasi / angkutan   umum maka tidak menjadi suatu pertimbangan. Faktor tingkat unggulan sekolah, suatu sekolah dapat dikatakan unggul apabila sekolah tersebut mempunyai fasilitas yang memenuhi, mempunyai prestasi dan mempunyai  tingkat  kelulusan  yang  berkualiatas,  yaitu  kelulusan  dengan  nilai ujian yang tinggi, sehingga lebih mudah apabila melanjutkan ke perguruan tinggi maupun dalam mencari pekerjaan.

Dari faktor-faktor tersebut menjadi suatu permasalahan para orang tua dan siswa lulusan Sekolah Menengah Pertama dalam menentukan pilihan Sekolah Menengah  Atas.  Perumahan  Bukit  Jatisari  Semarang  merupakan  salah  satu sampel lokasi dari permasalahan pemilihan sekolah lanjutan, masyarakat perumahan Bukit Jatisari dijadikan sampel dikarenakan masyarakat tersebut mempunyai tingkat ekonomi menengah ke atas atau mampu, dalam artian masyarakat tersebut mempunyai kemampuan dalam melanjutkan sekolah bagi anaknya, selain itu perumahan Bukit Jatisari terletak jauh dari kota sehingga masyarakat perumahan Bukit Jatisari mempertimbangkan transportasi atau angkutan yang dibutuhkan.

Dari permasalahan diatas penulis mencoba memecahkannya dengan salah satu alternatif yaitu dengan menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG) dan Analytical Hierarchy Process (AHP). SIG adalah suatu sistem informasi yang menekankan pada unsur geografis, dalam penelitian ini SIG digunakan untuk memberikan informasi tentang jarak, angkutan umum dan letak sekolah. AHP adalah salah satu metode pengambilan keputusan untuk memberikan solusi terhadap masalah kriteria yang kompleks dalam berbagai alternatif, dalam penelitian ini AHP digunakan untuk memberikan alternatif pilihan sekolah yang optimal,  dimana terdapat konflik antara alternatif  dan kriteria,  dengan menggunakan AHP konflik-konflik  tersebut  dapat  terpecahkan  sehingga didapatkan alternatif pilihan sekolah yang optimal.

Dari uraian  diatas  sejauh mana SIG dan AHP dapat membantu menyelesaikan masalah dalam pemilihan sekolah.

B.  Permasalahan

1.   Masalah

Sejauh mana SIG dan AHP dapat membantu dalam bidang pendidikan khususnya pada pemilihan Sekolah Menengah Atas pada orang tua maupun siswa lulusan Sekolah Menengah Pertama berdasarkan efektifitas jarak, sarana angkutan umum dan tingkat unggulan sekolah.

2.   Pembatasan Masalah

Untuk  menghindari kesalahpahaman  dalam penelitian ini, pokok permasalahan dibatasi pada :

  1. Pemilihan Sekolah Menengah Atas (SMA) berdasarkan efektifitas jarak, sarana angkutan umum dan tingkat unggulan sekolah dengan mengunakan Sistem Informasi Geografis dan Analytical Hierarchy Process, (Dengan sampel masyarakat perumahan Bukit Jatisari Semarang).
  2. Alternatif pilihan 20 SMA kota Semarang.
  3. Tingkat unggulan diambil dari  data dinas pendidikan kota Semarang, berupa peringkat rayon berdasarkan jumlah nilai ujian nasional SMA/MA/SMALB tahun pelajaran 2004/2005 program studi IPA.

Skripsi Daftar Pustaka

Skripsi Lengkap (bab 1-5 dan daftar pustaka) untuk judul diatas bisa dimiliki segera dengan mentransfer dana Rp300ribu Rp200ribu. Setelah proses pembayaran selesai skripsi dalam bentuk softcopy (Msword) langsung kita kirim lewat email kamu pada hari ini juga. Layanan informasi ini sekedar untuk referensi semata. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Cara pesan: Ketik Judul yang dipilih dan alamat email kamu kirim ke 0817-273-509

 
atau bisa telepon langsung.

Kami akan selalu menjaga kepercayaan Anda!

Related Articles: