BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Perkembangan bisnis saat ini disebabkan oleh perubahan pola pikir konsumen yang dinamis. Dengan dasar hal inilah maka dapat dikatakan bahwa kegiatan pemasaran sangat dibutuhkan oleh setiap organisasi atau perusahaan sebagai ujung tombak bagi kehidupannya, baik bagi organisasi yang berorientasi laba maupun nirlaba. Adanya kegiatan pemasaran diharapkan dapat mendukung tercapainya kemajuan dan tujuan perusahaan itu sendiri. Walaupun demikian, pentingnya arti pemasaran bukan berarti mengabaikan fungsi-fungsi perusahaan lainnya, sebab tanpa adanya fungsi-fungsi lainya ini, maka kegiatan tidak mungkin akan berjalan.

Pemasar juga harus memperhatikan komponen-komponen pendukung lainnya dalam bauran pemasaran jasa yang tak kalah pentingnya. Diantaranya adalah place (lokasi), price (harga), promotion (promosi), people (orang yang terkait dengan pelayanan), physical evidence (bukti fisik), dan process (proses jasa).

Guna merumuskan bauran pemasaran yang tepat, perusahaan tidak dapat mengabaikan pendapat atau masukan dari konsumen. Karena  keberadaan konsumen sendiri mempunyai pengaruh pada pencapaian tujuan akhir perusahaan, yaitu perolehan laba melalui pembelian produk. Hal tersebut menuntut perusahaan untuk perlu mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat mempengarui konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian produk. Selama ini para pemasar telah mengenal empat komponen dasar atau unsur-unsur dalam bauran pemasaran, yaitu produk,

harga, promosi dan distribusi atau yang biasa disebut dengan 4P (Product, price, promotion, & place).

Dalam pemasaran jasa, ada elemen-elemen lain yang bisa dikontrol dan dikombinasikan untuk keperluan komunikasi dengan konsumen jasa. Menurut Yazid (2005:20) Elemen-elemen tersebut adalah: orang (People or Personal traits), lingkungan fisik dimana jasa diberikan atau bukti fisik (physical evidence), dan proses jasa itu sendiri (process). Dengan demikian 4P’s yang pada mulanya menjadi bauran pemasaran barang, perlu diperluas menjadi 7P’s jika ingin digunakan dalam pemasaran jasa.

Dengan dasar hal inilah, perusahaan dituntut untuk mempertimbangkan konsumen sebagai salah satu faktor terpenting dalam pasar, karena dengan memperhatikan kebutuhan dan keinginan konsumen, perusahaan dapat memenangkan persaingan pasar yang semakin fokus terhadap kepuasan pelanggan. Kotler (2002: 29) “menegaskan bahwa tugas organisasi adalah menentukan kebutuhan, keinginan, dan minat dari pasar sasaran dan memberikan kepuasan yang diinginkan secara lebih efeltif dan efisien dibandingkan pesaing dengan tetap memelihara atau meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan konsumen”. Studi-studi seperti itu akan memberikan petunjuk untuk mengembangkan produk-produk baru, ciri-ciri produk, harga, saluran, pesan, dan unsur bauran pemasaran lainnya.

Pada saat konsumen akan memilih jasa persewaan mereka juga dipengaruhi oleh banyak faktor dan salah satunya adalah faktor bauran pemasaran yang dilakukan oleh usaha jasa persewaan tersebut. Sebagai salah satu elemen penunjang dalam suatu kegiatan outdor, tenda merupakan salah satu alternatifnya, karena tenda tidak hanya berfungsi memberikan pelindungan dikala panas maupun hujan. Akan tetapi sekarang sudah memiliki fungsi yang lebih yaitu dapat mempercantik dan memberikan nuansa berbeda. Hiasan bunga menimbulkan kesan hangat dan mendalam. Sedangkan hiasan lampu menimbulkan kesan mewah dan elegan. Tenda dan lilin mampu memberikan suasana yang romantis. Selain itu pemberian warna pada tenda juga menjadi perhatian, karena tiap warna akan memberikan suasana yang berbeda. Baik warna atau hiasan apapun yang ada pada tenda pernikahan, tidak akan menjadi masalah, karena tenda akan senantiasa membantu anda baik secara fungsional maupun estetik.

Pada  bidang usaha persewaan tenda  pesta dan upacara sudah sangat ramai dan memiliki tingkat persaingan yang cukup tajam di Kota Gresik, seperti yang terlihat pada tabel 1. Mereka (Produsen persewaan), berusaha seoptimal mungkin untuk memberikan layanan terbaiknya dengan mempertimbangkan segala komponen dari bauran pemasaran jasa yang dimilikinya guna memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumennya. Place (lokasi), price (harga), promotion (promosi), people (orang yang terkait dengan pelayanan), process (proses jasa), dan physical evidence (bukti fisik) menjadi kunci keberhasilan dalam memenangkan persaingan, dan kesemuanya itu disusun sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen pada pasar sasaran.

Tabel 1.

Jumlah persewaan tenda pesta dan upacara

di kota Gresik 1992 – 2006

Nama Persewaan Tahun Berdiri
Qolektron 1990
Catur Putra 1995
Lamongan 1997
Jasmin 2000
JM Putra 2000
Binaraga 2001
Elrika 2002

Sumber : Catur Putra

Sebagai salah satu perusahaan persewaan tenda pesta dan upacara yang ada di Kota Gresik, Catur Putra juga memiliki pemikiran dan pertimbangan yang berfokus pada konsumennya dalam menjalankan usahanya. Bagi Catur Putra sendiri tidaklah mudah untuk terus meningkatkan jumlah konsumen apabila dalam menjalankan usahanya. Catur Putra mencoba untuk memenuhi apa yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen. Oleh karena itu, Catur Putra harus melakukan perumusan pada bauran pemasaran yang berfokus pada pelanggan. Hal ini sangat penting dalam dilakukan, agar dapat terus bertahan dan dapat memenangkan persaingan pasar.

Seperti halnya jasa persewaan lainnya yang menyediakan sarana jasa penyewaan tenda yang cukup menarik, Catur Putra juga berusaha untuk memberikan yang terbaik untuk konsumennya. Mulai dari tata ruang yang nyaman, produk (desain tenda yang menarik) untuk acara pesta dan upacara, pemberian diskon untuk jumlah penyewaan tertentu. Tetapi dari beberapa kelebihan yang dimilki Catur Putra diatas, hal yang paling menarik menurut penulis dari produk tenda yang didirikan tergolong kokoh, Catur Putra juga merupakan perusahaan persewaan pertama yang ada di Kota Gresik. Selain itu lokasi tempat usahanya cukup strategis, karena mudah dijangkau oleh konsumen serta terletak di daerah pemukiman penduduk.

Berdasarkan latar belakang pemikiran tersebut, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Memilih Persewaan (studi pada CV. Catur Putra Gresik) “.

1.2 Perumusan Masalah

Dari penjabaran latar belakang diatas, dapat penulis ketahui bahwa suatu pemahaman atas kebutuhan dan keinginan konsumen merupakan kunci sukses dalam persaingan. Dengan demikian maka organisasi harus lebih memperhatian strategi dalam bauran pemasarannya guna keberhasilan dalam memenangkan persaingan. Pembicaraan tentang peranan bauran pemasaran ini akan berdampak pada keputusan pemilihan jasa oleh konsumen. Sehubungan dengan hal diatas, maka rumusan masalah yang digunakan adalah:

a. Apakah  bauran pemasaran  yang terdiri dari produk, harga, promosi, tempat, proses, orang, bukti fisik berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap perilaku konsumen dalam memilih jasa CV.  Catur Putra Gresik ?

b. Manakah variabel bauran pemasaran yang dominan berpengaruh terhadap perilaku konsumen dalam pemilihan jasa Catur Putra ?

Skripsi Daftar Pustaka

Skripsi Lengkap (bab 1-5 dan daftar pustaka) untuk judul diatas bisa dimiliki segera dengan mentransfer dana Rp300ribu Rp200ribu. Setelah proses pembayaran selesai skripsi dalam bentuk softcopy (Msword) langsung kita kirim lewat email kamu pada hari ini juga. Layanan informasi ini sekedar untuk referensi semata. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Cara pesan: Ketik Judul yang dipilih dan alamat email kamu kirim ke 0817-273-509

 
atau bisa telepon langsung.

Kami akan selalu menjaga kepercayaan Anda!

Related Articles: