BAB I

PENDAHULUAN

A.  Alasan Pemilihan Judul

Seiring   dengan   kemajuan   teknologi   masa   kini,   agar   dapat   mencapai efesiensi  dan pengetahuan  yang tinggi  diberbagai  hal,  maka  manusia  berusaha untuk mencapai dan menciptakan suatu alat yang dapat membantu kegiatan dan memberikan  pengetahuan  pada manusia.  Manusia  berusaha  untuk maju dengan bekal ilmu pengetahuan dan teknologi dengan melakukan pemikiran yang khusus untuk mendapatkan  suatu ide atau metode dengan prinsip efisiensi,  yaitu suatu cara untuk mencapai hasil yang maksimal dengan waktu yang cepat dan tepat.

Banyak industri-industri  modern yang menuntut adanya suatu sistem yang bekerja secara otomatisasi untuk mempertinggi produktifitas kerja dalam mengoptimalkan produk yang dihasilkan, salah satunya denga sistem hidrolik.

Dewasa  ini  sistim  hidrolik  banyak  digunakan  dalam  berbagai  macam industri  makanan,  industri  minuman,  industri  permesinan,   industri  otomotif, hingga industri pembuatan robot. Sehingga pengetahuan tentang komponen dari sistim hidrolik menjadi sangat penting dalam semua cabang produksi industrial.

Kondisi sistem hidrolik dalam penggunaannya  akan mengalami penurunan kondisi  kualitas  kerjanya,  sehingga  perlu  adanya  langkah-langkah  perawatan untuk  menjaga  kualitas  kerja  supaya  tetap  baik.  Perawatan  dapat  dilakukan dengan memperhatikan pada gerakan sistem hidrolik yang mengatur gerak turun lengan utama. Apabila menemui kejanggalan atau mungkin kerusakan maka perlu dilakukan perbaikan.

Universitas Negeri Semarang sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi yang memiliki laboratorium pneumatik dan hidrolik, sampai saat ini masih belum banyak  memiliki  alat peraga  yang menggunakan  sistem  hidrolik.  Tugas  Akhir dimaksudkan untuk memberikan kontribusi positif pada penyedian alat peraga di laboratorium hidrolik dan untuk menyajikan aplikasi dari mata kuliah pneumatik dan hidrolik yang telah disampaikan.

B.  Tujuan

Tujuan dalam penulisan Proyek Akhir ini adalah sebagai berikut:

  1. Merencanakan dan membuat alat peraga di laboratorium  pneumatik  dan hidrolik dalam peningkatan kualitas pendidikan di Universitas Negeri Semarang.
  2. Untuk menganalisa trouble shooting pada sistem peraga hidrolik silinder penggerak ganda.
  3. Melatih dan mengembangkan kreatifitas dalam berfikir serta memberikan masukan positif kepada pembaca dengan  menyajikan  gagasan ilmiah mengenai sistem hidrolik.

Skripsi Daftar Pustaka


Skripsi Lengkap (bab 1-5 dan daftar pustaka) untuk judul diatas bisa dimiliki segera dengan mentransfer dana Rp300ribu Rp200ribu. Setelah proses pembayaran selesai skripsi dalam bentuk softcopy (Msword) langsung kita kirim lewat email kamu pada hari ini juga. Layanan informasi ini sekedar untuk referensi semata. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Cara pesan: Ketik Judul yang dipilih dan alamat email kamu kirim ke 0817-273-509

 
atau bisa telepon langsung.

Kami akan selalu menjaga kepercayaan Anda!

Related Articles: