BAB I

PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah

Pada masa sekarang ini peran basis data sangatlah menonjol. Pemrosesan Basis Data menjadi perangkat andalan yang kehadirannya sangat diperlukan oleh berbagai institusi dan perusahaan. Hal ini terjadi karena Basis Data tidak hanya mempercepat pemerolehan informasi, tetapi juga dapat meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Sedangkan menurut Anthoni J Fabbri dan A Robert Schwab sebagaimana diungkapkan oleh Kadir (1999:9), basis data diartikan sebagai  sistem  berkas  terpadu  yang dirancang terutama  untuk  meminimalkan pengulangan data. Pengguna Sistem Basis Data bisa melakukan berbagai operasi terhadap berkas yang ada di dalam sistem tersebut. Operasi itu antara lain mengosongkan berkas, menyisipkan data, mengambil data, menghapus data, dan dapat juga menyajikan informasi yang diambil dari sejumlah berkas yang ada dalam sistem tersebut (Kadir, 1999:10).

Menurut sejarah, sistem pemrosesan Basis Data terbentuk setelah masa sistem pemrosesan manual dan sistem pemrosesan berkas. Sistem pemrosesan manual   merupakan   bentuk   pemrosesan    yang   menggunakan   dasar berupa setumpuk rekaman yang disimpan pada rak–rak berkas. Kemudian pada saat awal penerapan sistem komputer, sekelompok rekaman disimpan pada sejumlah berkas secara terpisah. Sistem yang menggunakan pendekatan seperti ini biasa disebut  sebagai  sistem pemrosesan berkas.  Kelemahan dari  sistem  ini  adalah perancangan sistemnya masih didasarkan pada kebutuhan individual pengguna, bukan kebutuhan sejumlah pengguna. Setiap kali ada kebutuhan baru dari seorang pengguna   langsung   diterjemahkan  ke  program  komputer,  sehingga ada kemungkinan terjadi duplikasi data. Kekurangan yang lain dari sistem ini adalah keterbatasan berbagai data, ketidakkonsistenan dan kurangnya integritas, serta ketidakluwesan  dalam  hal  pengembangan  atau  perubahan.  Sedangkan  dalam sistem Basis Data terdapat istilah  independensi   data,    yaitu    sifat    yang memungkinkan perubahan struktur berkas tidak mempengaruhi program dan juga sebaliknya. Sistem Pemrosesan Basis Data dimaksudkan untuk mengatasi kelemahan – kelemahan yang ada pada sistem pendahulunya (Kadir, 1999:13).

Perkembangan sistem pemrosesan data tersebut menunjukkan bahwa sekarang ini banyak orang yang membutuhkan teknologi komputer. Hal ini dibuktikan dengan adanya  komputerisasi di  segala bidang. Contohnya bidang ekonomi, sosial, pendidikan, politik, kebudayaan, kesehatan, administrasi, dan lembaga – lembaga pemerintahan maupun swasta. Sekolah sebagai salah satu bentuk organisasi merupakan pelaksana teknis pendidikan formal di lingkungan Departemen Pendidikan Nasional yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Kantor Wilayah Departemen Pendidikan Nasional Propinsi yang bersangkutan. Hal ini tertuang dalam keputusan Mentri Pendidikan Nasional Tentang  susunan  organisasi  dan  tata  kerja  jenis  sekolah.  Struktur  organisasi sekolah  memperlihatkan  terdapatnya  hubungan  antara  Kepala  Sekolah,  Guru, Siswa dan Karyawan serta pihak lainnya di luar sekolah.

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan penulis di SDN Karanganyar Gunung 01-02-03-04 Semarang, ternyata sistem pemrosesan data yang dilakukan oleh sekolah tersebut selama ini masih menggunakan sistem pemrosesan manual. Hal ini sangat disayangkan karena tidak dapat mengikuti perkembangan sistem pemrosesan data yang sudah sampai pada sistem pemrosesan Basis data. Dikarenakan keadaan tersebut dan maksud dari sistem pemrosesan Basis data yang dijelaskan sebelumnya,  maka    penulis    bermaksud mengambil    judul “APLIKASI  DATABASE  SISWA, GURU, DAN KARYAWAN SD NEGERI KARANGANYAR GUNUNG 01-02-03-04 SEMARANG DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT VISUAL BASIC 6.0”.

B.  Rumusan Masalah dan Pembatasannya

1.    Rumusan Masalah

  1. Bagaimana deskripsi sistem basis data yang selama ini digunakan di SDN Karanganyar Gunung 01-02-03-04 Semarang?
  2. Data  apa  saja  yang  ada  di  SDN  Karanganyar  Gunung 01-02-03-04 Semarang  yang  dapat  dibuat  Program  Databasenya  menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0?
  3. Bagaimana bentuk normal dari relasi tabel dalam Basis Data Siswa, Guru, dan Karyawan SD Karanganyar Gunung 01-02-03-04 Semarang?
  4. Bagaimana Susunan dan tata bahasa program menggunakan  Microsoft Visual Basic 6.0 untuk dapat digunakan membantu pendataan siswa, guru,  dan  karyawan  SD  Negeri  Karanganyar  Gunung  01-02-03-04 Semarang secara komputerisasi yang efektif dan efisien?
  5. Bagaimana  cara  atau  proses  kerja  pemrograman  dengan  Microsoft Visual Basic 6.0 sehingga dapat menghasilkan Aplikasi Database Siswa, Guru,  dan  Karyawan  SD  Negeri  Karanganyar  Gunung  01-02-03-04 Semarang?

Skripsi Daftar Pustaka


Skripsi Lengkap (bab 1-5 dan daftar pustaka) untuk judul diatas bisa dimiliki segera dengan mentransfer dana Rp300ribu Rp200ribu. Setelah proses pembayaran selesai skripsi dalam bentuk softcopy (Msword) langsung kita kirim lewat email kamu pada hari ini juga. Layanan informasi ini sekedar untuk referensi semata. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Cara pesan: Ketik Judul yang dipilih dan alamat email kamu kirim ke 0817-273-509

 
atau bisa telepon langsung.

Kami akan selalu menjaga kepercayaan Anda!

Related Articles: