BAB I

PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang

Dalam   era   globalisasi    yang   serba   modern    teknologi    semakin berkembang. Penggunaan komputer di berbagai organisasi sudah tidak asing lagi. Teknologi komputer berkembang dengan begitu cepat di segala bidang mulai  dari  pekerjaan   yang  sederhana  sampai  proyek-proyek   besar  yang komplek. Sekarang banyak dijumpai berbagai aplikasi yang menggunakan sistem-sistem   informasi   yang   berbasis   komputer.   Informasi   memegang peranan yang sangat penting bagi perkembangan dunia kerja.

Dengan  perkembangan  teknologi pengolah  data  yang  canggih  dan pesat, komputerisasi merupakan suatu alternatif tepat yang dibutuhkan untuk seorang pimpinan dalam suatu organisasi atau instansi. Informasi membantu suatu instansi dalam mengolah  data. Suatu sistem pengolahan  data menjadi informasi yang  dikembangkan dan  dipaparkan ke dalam informasi yang cepat dan tepat.

Hal ini mendorong    banyak organisasi    atau instansi     untuk memanfaatkan perkembangan informasi secara maksimal, baik informasi yang berasal dari dalam maupun informasi yang berasal dan luar. Salah satu instansi yang memanfaatkan  perkembangan informasi adalah Perusahaan Daerah Air Minum Kota Semarang. Perusahaan Daerah Air Minum Kota Semarang ingin mengembangkan  sistem yang ada dengan mengelola informasi sebagai salah satu  sumber   daya   yang  menentukan.   Sistem   yang  ingin  dikembangkan misalnya presensi pegawai, data pegawai, laporan penggajian. Sistem baru itu diharapkan  dapat  mengatasi  berbagai  masalah  yang  dihadapi  Perusahaan Daerah Air Minum Kota Semarang sehari-hari. Kendala yang dihadapi adalah sistem administrasi pegawai yang masih menggunakan sistem manual, sistem pengarsipan dan laporan-laporan yang belum dapat disajikan dengan cepat.

Berdasarkan  permasalahan  diatas, maka penulis sangat tertarik untuk lebih lanjut mengetahui bagaimana menciptakan suatu sistem pengolahan data dengan  menggunakan  komputer  pada  Perusahaan  Daerah  Air Minum  Kota Semarang. Dengan digunakannya komputerisasi dalam pengolahan data diharapkan  mampu  menjawab  kelemahan-kelemahan  yang  ada  selama  ini. Sistem  komputerisasi   yang  digunakan   dalam  memecahkan   permasalahan diatas adalah dengan rancangan sistem informasi pengolahan data yang mendasarkan komputer dengan menggunakan bahasa pemrograman Microsoft Visual Basic 6.0.

B.  Rumusan Masalah Dan Pembatasannya

1. Rumusan Masalah

Berdasarkan  latar belakang   di   atas,   maka   dapat   dirumuskan masalah sebagai berikut:

  1. Bagaimana  sistem  administrasi  pegawai  di  Perusahaan  Daerah  Air Minum Kota Semarang dewasa ini?
  2. Pembuatan  database pegawai apa saja yang dapat diprogram  dengan aplikasi Visual Basic 6.0?
  3. Bagaimana bentuk normalisasi permrograman  dengan aplikasi Visual Basic 6.0?
  4. Bagaimana bentuk perancangan sistem administrasi pegawai di PDAM Kota Semarang dengan aplikasi Microsoft Visual Basic 6.0?

2. Pembatasan Masalah Pembatasan   masalah   yang  diambil   penulis   adalah   pembuatan sistem administrasi pegawai di Perusahaan Daerah Air Minum Kota Semarang Dengan Menggunakan Aplikasi Microsoft Visual Basic 6.0.

Skripsi Daftar Pustaka

Skripsi Lengkap (bab 1-5 dan daftar pustaka) untuk judul diatas bisa dimiliki segera dengan mentransfer dana Rp300ribu Rp200ribu. Setelah proses pembayaran selesai skripsi dalam bentuk softcopy (Msword) langsung kita kirim lewat email kamu pada hari ini juga. Layanan informasi ini sekedar untuk referensi semata. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Cara pesan: Ketik Judul yang dipilih dan alamat email kamu kirim ke 0817-273-509

 
atau bisa telepon langsung.

Kami akan selalu menjaga kepercayaan Anda!

Related Articles: