BAB I

PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG MASALAH

Perkembangan  Ilmu  Pengetahuan  dan  Teknologi  (IPTEK)  yang begitu pesat menuntut suatu organisasi berskala besar maupun kecil untuk dapat mengikuti dan menyesuaikan  diri agar tidak ketinggalan.  Demikian juga teknologi  komunikasi  berkembang  sangat  pesat  di Indonesia.  Salah satu instansi yang memanfaatkan kemajuan teknologi komputer tersebut adalah   PT   TELEKOMUNIKASI   INDONESIA   atau   PT   Telkom.   PT Telkom merupakan salah satu BUMN yang telah memanfaatkan teknologi komunikasi,  khususnya  untuk membantu mempermudah  karyawan  dalam menyelesaikan tugasnya.

Pada PT Telkom  Kantor Cabang (Kancatel)  Purwodadi  komputer digunakan  untuk  menyimpan  data  dan  membuat  suatu  program  aplikasi yang nantinya mempermudah kerja karyawan PT Telkom Kancatel Purwodadi.  Dalam  pembuatan  program  aplikasi  ini  dikhususkan  pada jaringan Rumah Kabel (RK), karena pada jaringan RK dapat diketahui berbagai   informasi   pelanggan.   Dalam   pemanfaatan   teknologi   kabel misalnya pengaturan yang tumpang tindih dapat menurunkan ratio keberhasilan  panggil.  Seperti  yang terjadi kerusakan  pada jaringan  kabel dari pelanggan ke Distribution  Point (DP) atau pemasangan  kabel bawah tanah atau putusnya kabel akibat adanya bahaya alam itu sendiri. Dengan meningkatnya   jumlah   pelanggan   mengakibatkan   jaringan   kabel   yang digunakan juga semakin banyak.

Pada dasarya PT Telkom bertujuan memberikan pelayanan kepada masyarakat.  Dalam  pelayanan  informasi  jaringan  RK, PT Telkom  masih menggunakan sistem lama dan belum ada visualisasi. Sehingga untuk membantu karyawan PT Telkom dibuat program informasi menggunakan aplikasi program Visual Basic 6.0.

Program   aplikasi   yang  dibuat  dengan  menggunakan   Microsoft Visual Basic 6.0 merupakan bahasa pemrograman yang berbasis Microsoft Windows  yang merupakan  bahasa  pemrograman  objek  (Object  Oriented Programming / OOP) dengan menggunakan manajemen database Microsoft Access. Pada Visual Basic 6.0 software untuk membuat program lebih mengarah untuk keperluan pemakai yang berfungsi sebagai translate atau penerjemah  antara  bahasa  manusia  (hi level  language) ke dalam  bahasa mesin (low level language) dan sebaliknya. Software ini berkembang sesuai dengan kebutuhan manusia. Visual Basic adalah salah satu software cukup sederhana tetapi banyak cakupan yang dapat dikerjakan, karena visual basic dapat mengakses banyak software seperti Excel, Access, dan sebagainya.

Dalam Pembuatan Program Informasi Jaringan Rumah Kabel STO Purwodadi  di  PT  Telekomunikasi  Indonesia  Kantor  Cabang  Purwodadi Jawa Tengah ini, akan dibuat suatu program aplikasi untuk memudahkan mengetahui  lokasi  DP  dan  jaringan  RK  serta  identitas  pelanggan  PT Telkom. Selama ini untuk mengetahui lokasi DP dan RK tersebut dilakukan secara   manual.   Ketika   ada   laporan   atau   pengaduan   gangguan   dari pelanggan kepada pihak PT Telkom bahwa pesawat teleponnya tidak dapat digunakan  sebagaimana  mestinya  maka  pengaduan  diteruskan  ke  meja ukur. Bila setelah dicek ternyata memang terjadi gangguan pada saluran DP dan RK maka pihak PT Telkom segera meninjau lokasi yang bersangkutan sehingga dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengetahui daerah kerusakan dan diperlukan dua kali kerja. Jika teknisi sudah hafal letak DP, RK maupun jaringan kabel yang terhubung ke telepon yang tidak berfungsi tersebut, bisa dipastikan perbaikan akan lebih cepat tetapi jika tidak maka harus diurutkan.

Melalui program yang akan disusun ini, hal tersebut dapat dihindari. Dengan  mengetikkan  nama RK maupun  nomor telepon  yang mengalami gangguan maka dapat diketahui nama pemilik, alamat, pengelompokan RK, DP maupun nomor (no) gridnya. Dari no grid ini dapat diketahui tentang jaringan  pelanggan  PT  Telkom.  No  grid  merupakan  nomor  urut  yang terdapat pada peta jaringan Rumah Kabel PT Telkom Kancatel Purwodadi. Selanjutnya langkah-langkah  yang dapat dilakukan teknisi setelah menerima pengaduan antara lain mengecek lokasinya melalui komputer kemudian menuju ke lokasi dengan membawa peralatan yang diperlukan.

RUMUSAN MASALAH

Berdasarkan  latar belakang permasalahan  yang telah diuraikan di atas, dapat dirumuskan permasalahan yaitu bagaimana aplikasi Microsoft  Visual  Basic  6.0 dalam   pembuatan   program   informasi jaringan   Rumah   Kabel   STO   Purwodadi   di   PT   Telekomunikasi Indonesia Kantor Cabang Purwodadi Jawa Tengah?

Skripsi Daftar Pustaka


Skripsi Lengkap (bab 1-5 dan daftar pustaka) untuk judul diatas bisa dimiliki segera dengan mentransfer dana Rp300ribu Rp200ribu. Setelah proses pembayaran selesai skripsi dalam bentuk softcopy (Msword) langsung kita kirim lewat email kamu pada hari ini juga. Layanan informasi ini sekedar untuk referensi semata. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Cara pesan: Ketik Judul yang dipilih dan alamat email kamu kirim ke 0817-273-509

 
atau bisa telepon langsung.

Kami akan selalu menjaga kepercayaan Anda!

Related Articles: