BAB I

PENDAHULUAN

A.  LATAR BELAKANG

Bahwa pelaksanaan pembangunan bidang pendidikan masyarakat dewasa ini mengalami perkembangan yang sangat pesat seiring dengan laju pertumbuhan   penduduk   dan   tingkat   kebutuhan   hidup   masyarakat   yang beraneka ragam, sehingga diperlukan peningkatan mutu dan mekanisme pelayanan di bidang pendidikan masyarakat agar lebih berdaya guna, dan berhasil guna, maka akan berakibat meningkatnya kesejahteraan masyarakat. Karena mengelola banyak pegawai dan siswa jika mengecek satu persatu akan membutuhkan banyak waktu, maka dari itu akan di buat database SMA Negeri 1  Bawang  dan  melihat  proses  kerja  program  database  tersebut.  Database tersebut dibuat dengan tujuan agar data-data di SMA Negeri 1 Bawang tersimpan dengan aman dan rapi dalam suatu program serta di buat dalam bentuk CD yang siap pakai.

Salah satu fungsi lembaga pendidikan adalah mendidik para siswa sedangkan dalam pengelolaannya masih menggunakan sistem pemrosesan manual (berbasis kertas) merupakan bentuk pemrosesan yang menggunakan dasar berupa setumpuk rekaman yang disimpan pada rak-rak berkas. Jika suatu berkas diperlukan, berkas tersebut harus dicari pada rak-rak tersebut. Kalau kita  cermati  bersama,  komputer  merupakan  suatu  solusi  terbaik  dalam pengelolaan data pegawai dan siswa SMA Negeri 1 Bawang.

Seiring dengan kemajuan teknologi, komputer merupakan produk teknologi yang mampu memecahkan masalah bukan hanya dalam segi perhitungan tetepi juga dalam kemampuan menyimpan dan memberikan informasi. Walaupun demikian dalam masyarakat modern komputer lebih banyak  dimanfaatkan  sebagai  pusat  data  di  banding  dengan  penggunaan lainnya. Karena peran database yang sangat menonjol pemrosesan Database menjadi perangkat andalan yang kehadirannya sangat diperlukan, dan tidak hanya mempercepat pemerolehan informasi, tetapi juga dapat meningkatkan pelayanan terhadap Siswa.

Perkembangan teknologi database tidak lepas dari perkembangan perangkat  keras  dan perangkat lunak.  Salah  satu  perangkat  unak perkembangan  aplikasi  yang  populer  adalah  Microsoft  Visual  Basic  6.0. Dimana bahasa pemrograman yang mutakhir Microsoft Visual Basic 6.0 di desain untuk dapat memanfaatkan fasilitas yang tersedia dalam Microsoft Windows dan merupakan software yang bisa digunakan untuk membuat program yang cukup sederhana tetapi banyak cakupan yang dapat dikerjakan. Di samping itu Microsoft Visual Basic 6.0 lebih mudah penggunaannya dibanding dengan bahasa pemrograman yang lain, juga dalam tampilan Microsoft Visual Basic memiliki keunggulan tersendiri.

Pengunaan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0 dalam penanganan database  merupakan  kemajuan  teknologi  dalam  perkembangan  Database. Dalam menangani data yang besar pemrogaman Visual Basic 6.0 sangat efektif dibandingkan  dengan  sistem  pemrosesan  manual  yang  dilakukan.  Dengan menggunakan Microsoft Visual Basic penulis tertarik untuk membuat program database SMA Negeri 1 Bawang.

B.  Rumusan Masalah dan Pembatasannya

1.    Rumusan Masalah

Permasalahan yang akan dipecahkan dalam kegiatan ini dapat dirumuskan sebagai berikut:

(a) Bagaimana cara membuat dan mengolah program database pegawai dan siswa SMA Negeri 1 Bawang?

(b) Bagaimana   proses   kerja   program   sehingga   dapat   menghasilkan program database di SMA Negeri 1 Bawang?

2.    Pembatasan Masalah

Pada kegiatan ini hanya dibuat sistem database untuk pengelolaan data-data yang ada di SMA Negeri 1 Bawang serta untuk mempermudah dalam pencarian data pegawai dan siswa. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah bahasa pemrograman Microsoft Visual Basic 6.0.

Skripsi Daftar Pustaka

Skripsi Lengkap (bab 1-5 dan daftar pustaka) untuk judul diatas bisa dimiliki segera dengan mentransfer dana Rp300ribu Rp200ribu. Setelah proses pembayaran selesai skripsi dalam bentuk softcopy (Msword) langsung kita kirim lewat email kamu pada hari ini juga. Layanan informasi ini sekedar untuk referensi semata. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Cara pesan: Ketik Judul yang dipilih dan alamat email kamu kirim ke 0817-273-509

 
atau bisa telepon langsung.

Kami akan selalu menjaga kepercayaan Anda!

Related Articles: