BAB I

PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah

Pembangunan dunia pendidikan yang selalu mengalami perkembangan pesat seiring dengan laju perkembangan teknologi informasi yang sangat beraneka ragam, diperlukan peningkatan mutu dan mekanisme pelayanan di bidang  pendidikan  agar  lebih  berdaya  guna  dan  berhasil  guna,  sehingga Sumber Daya Manusia (SDM) yang diciptakan dapat ikut berpartisipasi dalam membangun dunia luar sesuai dengan kemampuannya. Universitas-universitas negeri maupun swasta sudah banyak yang menampilkan sistem informasi akademik berbasis website serta sistem SMS online. Pengelolaan sistem informasi berbasis website serta sistem SMS online yang telah ada masih perlu di maksimalkan. Karena website hanya dapat di upload melalui browsing di internet.  Dengan semakin  menjamurnya telepon  seluler dikalangan mahasiswa, bukan tidak mungkin sistem informasi akdemik dapat dilihat melalui  telepon  seluler  mereka  masing-masing,  tanpa  harus  ke  Warung Internet (Warnet). Dengan adanya media wireless internet, telepon seluler dapat juga digunakan sebagai media akses terhadap informasi yang ada di internet dalam bentuk Wireless Aplication Protocol (WAP).

Munculnya    media wireless internet, yaitu akses  internet  tanpa menggunakan kabel adalah kenyataan bahwa teknologi telah semakin maju. Saat ini, telepon seluler tidak hanya dapat digunakan untuk telekomunikasi saja. Lebih daripada itu, ditemukannya Wireless Aplication Protocol (WAP) memungkinkan sebuah telepon seluler (mobile device) dapat mengakses informasi, baik berita, informasi saham dan informasi kampus, bahkan informasi pemerintah juga dapat diakses melalui media tersebut.

SMS online yang sudah tersedia pada sistem informasi akademik, masih terlampau sedikit cakupannya, hanya menyajikan satu buah informasi balasan tiap satu kali SMS. Selain harus mengirimkan SMS berkali-kali terutama untuk mencari informasi-informasi tertentu yang dapat diakses melalui media ini, juga mengeluarkan biaya yang relatif mahal dibanding dengan melakukan akses terhadap WAP.

Teknologi WAP merupakan sebuah metode untuk menghadirkan halaman website di dalam layar telepon seluler. Dengan begitu, bentuk informasi dari sebuah instansi tidak hanya dapat ditampilkan dengan website yang hanya dapat diakses melalui browsing di internet, akan tetapi dapat ditampilkan dalam bentuk WAP, yang pada akhirnya memudahkan mahasiswa untuk mengakses informasi akademik tanpa melakukan browsing di internet.

Dengan adanya dukungan GPRS dari pesawat handphone serta belum dimanfaatkannya pemrograman aplikasi sistem informasi akademik berbasis WAP, maka pengembangan dengan sistem ini diperlukan supaya sistem informasi akademik dapat diakses melalui telepon seluler secara menyeluruh yang dapat dimanfaatkan untuk dunia pendidikan, terutama pada universitas- universitas yang telah mengembangkan sistem online melalui media internet.

Pada  penulisan  tugas  akhir  ini  bahasa  pemrograman WML,  PHP serta sistem  database  MYSQL diimplementasikan  untuk  menciptakan  aplikasi sistem informasi akademik yang mampu diakses melalui media telepon seluler sehingga  memudahkan  mahasiswa  dalam  pencarian  informasi  akademik secara menyeluruh hanya dengan media telepon seluler, mampu mengatasi kelemahan pada sistem informasi akademik berbasis website dan media SMS online untuk memberi informasi yang lebih up to date.

B.  Rumusan Masalah

1.   Rumusan Masalah

Permasalahan yang akan dipecahkan dalam kegiatan ini dapat dirumuskan sebagai berikut.

a.   Bagaimana cara pembuatan sistem informasi akademik berbasis WAP serta pengelolaannya dengan menggunakan bahasa pemrograman WML, PHP dan MYSQL?

b.   Bagaimana proses kerja program yang dapat diakses melalui telepon seluler?

2.   Pembatasan Masalah

Sistem  pada  aplikasi  ini  dibuat  untuk  menghadirkan  halaman  website sistem informasi akademik yang diakses telepon seluler untuk memberikan fasilitas kepada mahasiswa dalam pencarian informasi akademik kampus.

Skripsi Daftar Pustaka

Skripsi Lengkap (bab 1-5 dan daftar pustaka) untuk judul diatas bisa dimiliki segera dengan mentransfer dana Rp300ribu Rp200ribu. Setelah proses pembayaran selesai skripsi dalam bentuk softcopy (Msword) langsung kita kirim lewat email kamu pada hari ini juga. Layanan informasi ini sekedar untuk referensi semata. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Cara pesan: Ketik Judul yang dipilih dan alamat email kamu kirim ke 0817-273-509

 
atau bisa telepon langsung.

Kami akan selalu menjaga kepercayaan Anda!

Related Articles: