BAB 1

PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang

Rangkaian tercetak terbuat dari bahan tembaga berupa lembaran yang sangat tipis sehingga memerlukan suatu penompang. Penompang atau alas pada rangkaian tercetak berfungsi sebagai perangkat yang berguna untuk menempatkan komponen elektronika. Rangkaian tercetak yang dikenal sebagai PCB (Printed Circuit Board) dibuat dengan cara melarutkan papan pertinak ke dalam larutan kimia. Pada papan pertinak terdapat lapisan tembaga, yang selanjutnya setelah digambari jalur–jalur, tembaga yang tidak diperlukan perlu dilarutkan. Proses pelarutan  papan  pertinak  merupakan  reaksi   kimia   dimana   reaksi  kimia berlangsung dengan laju reaksi yang berbeda-beda, ada reaksi yang berlangsung sangat cepat dan ada pula yang berlangsung lambat. Selain tergantung pada jenis zat yang bereaksi, laju reaksi dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu; konsentrasi, luas permukaan sentuh,  suhu, dan katalisator.  Untuk mendapatkan laju reaksi yang diinginkan, keempat faktor yang mempengaruhi laju reaksi tersebut harus diperhatikan, sehingga reaksi akan berlangsung secara efektif.

Feriklorida (FeCl3) merupakan salah satu larutan yang dapat digunakan untuk melarutkan tembaga. Feriklorida merupakan senyawa garam yang bersifat ionik, yang terbentuk dari unsur halogen dan unsur logam. Unsur halogen sangat reaktif sehingga dapat bereaksi dengan unsur golongan lain seperti unsur logam, non logam, metaloid, bahkan unsur gas mulia.

Dalam pelarutan papan pertinak, memerlukan waktu untuk dapat melarutkan tembaga sesuai dengan jalur yang telah ditentukan. Pada umumnya pelarutan papan pertinak kurang memperhitungkan konsentrasi dan temperatur larutan, sehingga tidak pernah mencoba melarutkan papan pertinak pada konsentrasi  dan temperatur  yang bervariasi dengan  kecepatan putar dari larutan feriklorida yang tetap.

Berdasarkan waktu pelarutan yang dibutuhkan untuk melarutkan papan pertinak, maka dalam penelitian ini diberi judul “Efektifitas konsentrasi dan temperatur larutan  feriklorida terhadap kecepatan pelarutan PCB”.

B.   Permasalahan

Berdasarkan uraian pada latar belakang masalah, permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah:

  1. Apakah  ada  perbedaan  kecepatan  pelarutan  PCB  jika  konsentrasi  larutan feriklorida diubah–ubah?
  2. Apakah  ada  perbedaan  kecepatan  pelarutan  PCB  jika  temperatur  larutan feriklorida diubah–ubah?
  3. Apakah  ada  perbedaan  kecepatan  pelarutan   PCB  jika  konsentrasi  dan temperatur larutan feriklorida diubah–ubah?
  4. Bagaimana  hubungan  konsentrasi  dan  temperatur  dari  larutan  feriklorida terhadap kecepatan pelarutan PCB?
  5. Pada  konsentrasi dan temperatur larutan feriklorida  berapakah yang paling efektif?

Skripsi Daftar Pustaka

Skripsi Lengkap (bab 1-5 dan daftar pustaka) untuk judul diatas bisa dimiliki segera dengan mentransfer dana Rp300ribu Rp200ribu. Setelah proses pembayaran selesai skripsi dalam bentuk softcopy (Msword) langsung kita kirim lewat email kamu pada hari ini juga. Layanan informasi ini sekedar untuk referensi semata. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Cara pesan: Ketik Judul yang dipilih dan alamat email kamu kirim ke 0817-273-509

 
atau bisa telepon langsung.

Kami akan selalu menjaga kepercayaan Anda!

Related Articles: