BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Dalam kehidupan modern ini, manusia tidak dapat dipisahkan dengan olahraga. Baik sebagai arena adu prestasi maupun sebagai kebutuhan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Tenis juga  merupakan salah satu jenis olah raga yang popular dan banyak digemari semua lapisan masyarakat di dunia khususnya di Indonesia, perkembangan ini disebabkan karena tenis merupakan salah satu cabang olahraga yang dapat dimainkan oleh semua orang mulai dari anak-anak, orang dewasa sampai orang tua sekalipun. Tenis lapangan telah mencapai tahap perkembangan sangat pesat dan menarik perhatian sebagian orang. Sejak terbukanya acara-acara pertandingan tingkat dunia, yang ikut serta di dalamnya telah mendorong meluasnya permainan olahraga ini ke seluruh dunia, banyak orang mulai pelajaran tenis dengan serius tanpa mempedulikan usia maupun jenis kelamin.

Lardner (1996:7) mengatakan bahwa tenis merupakan jenis olahraga yang ideal untuk bermasyarakat, tenis dapat dimainkan oleh berbagai kelompok usia, pria dan wanita secara tunggal, ganda  ataupun ganda campuran. permainan tenis merupakan latihan yang istimewa, karena latar belakang dan tradisinya. Tenis mengajarkan sopan–santun, sikap mental, yang positif serta penghargaan terhadap aturan-aturan. Selanjutnya  Lardner (1996:8) juga mengatakan “tenis merupakan permainan yang memerlukan kecepatan kaki, kecepatan yang terkendali, stamina, antisipasi, ketetapan hati (determination) dan kecerdikan. Meskipun demikian, jika lemah pada salah satu dari segi-segi tersebut, masih ada kemungkinan untuk menutupi dengan memperkuat diri pada segi-segi yang lain.

Agar dapat bermain dengan baik, benar dan berprestasi di tingkat daerah maupun tingkat nasional, diperlukan latihan yang teratur, benar, sabar dan banyak mengikuti pertandingan-pertandingan. Untuk itu peran pelatih sangat diperlukan untuk membimbing dan mengarahkan agar petenis dapat mencapai prestasi tertinggi.

Tenis seperti dikatakan oleh Magethi  (1990:3) adalah jenis olahraga yang mencakup aspek-aspek tertentu. Untuk dapat bermain tenis baik kaum amatir, lebih-lebih  bagi  pemain  profesional,  pemain  harus  dituntut  untuk  menguasai teknik-teknik memukul bola, langkah, serta gerakan tubuh yang sesuai.  Agar dapat bermain dengan baik dan benar serta berprestasi tinggi, khususnya bagi petenis pemula keterampilan dasar dalam bermain tennis harus dikuasai, adapun teknik pukulan  dasar menurut Scharff (1981:24) bahwa ada empat jenis pukulan dasar dalam permainan tennis, yaitu:1) service, 2) forehand, 3) backhand, 4) volley. Adapun menurut Maghetti (1990:34) teknik pukulan dasar dibedakan menjadi empat macam yaitu: service, forehand drive, backhand drive, dan smash. Dari keempat pukulan tersebut, pukulan drive adalah pukulan yang paling sering dilakukan dalam suatu permainan. Seseorang petenis yang memiliki pukulan drive yang baik dimungkinkan dapat memegang kendali permainan dan juga dapat mempertahankan bola bahkan bisa memenangkan suatu permainan.

Untuk dapat melakukan pukulan drive yang baik pelatih harus tahu unsur apa saja yang dapat menunjang tercapainya hasil pukulan drive yang baik, akurat dan terkontrol.  Usaha untuk meraih prestasi yang baik diperlukan pembinaan dan pengembangan yang optimal. Menurut Sajoto (1995:2-5) dijelaskan bahwa ada empat aspek pokok yang menentukan pencapaian prestasi olahraga, yaitu aspek biologis, aspek psikologis, aspek lingkungan, dan aspek penunjang. Lebih lanjut dikatakan bahwa aspek biologis merupakan salah satu aspek yang tidak dapat diabaikan dan sangat diandalkan dalam menentukan tinggi rendahnya prestasi seorang atlet. Hal ini dapat disebabkan aspek biologis terdapat salah satu aspek yang disebut kondisi fisik, yaitu tingkat kesegaran jasmani yang sangat diperlukan atlet untuk dapat berprestasi dalam suatu pertangdingan. Kesegaran jasmani dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk melakukan aktivitas fisik secara berulang-ulang dalam waktu yang relatif lama tanpa menimbulkan kelelahan yang berarti (Sajoto, 1995:99). Selain itu kondisi fisik merupakan salah satu faktor yang  menentukan  performance atau  kinerja,  sehingga  runtuhnya  kondisi  fisik akan menyebakan hilangnya keterampilan (Bompa, 1983:49).

Menurut M. Sajoto (1995:8-10) dijelaskan bahwa komponen kondisi fisik terdiri   atas   kekuatan,   kecepatan,   kekuatan,   daya   tahan,   daya   ledak   otot, kelentukan, keseimbangan, koordinasi, kelincahan, ketepatan dan reaksi. Salah satu komponen yang penting guna mendukung komponen-komponen kondisi fisik untuk menunjang latihan teknik pukulan drive yang baik   akurat dan terkontrol adalah kekuatan yang juga tidak terlepas dari kelincahan. Kekuatan sebagai tenaga yang  dipakai  untuk  mengubah  kedaan  gerak  atau  bentuk  dari  suatu  benda. Harsono  (1988:176),  mendefinisikan  kekuatan  sebagai  kemampuan  dari  otot untuk  dapat  mengatasi  tekanan  atau  beban  dalam  aktivitas.  Kekuatan  adalah merupakan dasar dari setiap aktifitas manusia. Oleh karena itu pembinaan fisik khususnya kekuatan perlu mendapatkan perhatian dalam latihan, karena kekuatan itu merupakan modal dasar untuk melakukan teknik-teknik dasar olahraga dan juga dapat dipakai alat peningkatan rasa percaya diri lebih besar (Depdikbud; 1997: 4). Dengan kekuatan otot lengan yang besar, maka akan memungkinkan seorang pemain melakukan drive yang keras dan akurat untuk menghentikan permainan lawan guna memenangkan pertandingan.  Menurut M. Sajoto (1995:9) kelincahan (agility) merupakan kemampuan seseorang mengubah posisi di area tertentu. Seseorang yang dapat mengubah pada posisi berbeda dalam kecepatan yang tinggi dengan koordinasi yang baik. Sedangkan menurut Suharno HP (1986:47), kelincahan merupakan kemampuan dari seseorang untuk mengubah posisi badan secepat mungkin sesuai situasi yang di hadapi. Kelincahan sangat penting fungsinya untuk meningkatkan prestasi dalam cabang olahraga. Secara langsung kelincahan digunakan untuk mengkoordinasikan gerakan-gerakan berganda  (simultan),  mempermudah penguasaan teknik-teknik  tinggi, mempermudah orientasi terhadap lawan dan lingkungan.

Dari beberapa uraian di atas dapat disimpulkan bahwa kekuatan dan kelincahan merupakan bagian dari komponen dasar kondisi fisik yang akan mempengaruhi  keterampilan  gerak  dalam  tenis  yaitu  teknik  pukulan  drive. Dengan kondisi fisik yang baik, diharapkan petenis dapat melakukan keterampilan gerak dengan baik pula.

Berdasarkan uraian mengenai pentingnya kondisi fisik dan pukulan drive, penulis  tertarik  untuk  melakukan  penelitian  dengan  judul  “Hubungan  antara Kekuatan Otot Lengan dan Kelincahan dengan Kemampuan Pukulan Drive pada Mahasiswa Peserta UKM Tenis Universitas Negeri Semarang Tahun 2007”.

Berdasarkan apa yang telah dikemukakan, maka penulis menyampaikan alasan pemilihan judul skripsi sebagai berikut :

1.1    Pentingnya  pukulan  drive sebagai  pukulan  yang  perlu  dikuasai  dalam menghadapi serangan bola lawan dari arah kiri.

1.2    Beberapa faktor untuk menunjang prestasi yang optimal salah satunya faktor fisik yang didalamnya terdapat komponen kekuatan otot lengan dan kelincahan.

1.3    Kekuatan   otot   lengan    dan    kelincahan    sangat   berpengaruh    terhadap permainan tenis lapangan.

1.4    Drive merupakan  keterampilan  gerak  yang  ditentukan  dari  lengan,  baik kekuatan lengan maupun kelincahan.

1.2 Permasalahan

Permasalahan dalam penelitian ini adalah :

1.2.1    Apakah ada hubungan kekuatan otot lengan dengan kemampuan pukulan drive pada mahasiswa peserta UKM Tenis Universitas Negeri Semarang Tahun 2007?

1.2.2    Apakah ada hubungan kelincahan dengan kemampuan pukulan drive pada mahasiswa peserta UKM Tenis Universitas Negeri Semarang Tahun 2007?

1.2.3    Apakah ada hubungan antara kekuatan otot lengan dan  kelincahan dengan kemampuan pukulan drive pada    mahasiswa  peserta UKM   Tenis Universitas Negeri Semarang

Skripsi Daftar Pustaka

Skripsi Lengkap (bab 1-5 dan daftar pustaka) untuk judul diatas bisa dimiliki segera dengan mentransfer dana Rp300ribu Rp200ribu. Setelah proses pembayaran selesai skripsi dalam bentuk softcopy (Msword) langsung kita kirim lewat email kamu pada hari ini juga. Layanan informasi ini sekedar untuk referensi semata. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Cara pesan: Ketik Judul yang dipilih dan alamat email kamu kirim ke 0817-273-509

 
atau bisa telepon langsung.

Kami akan selalu menjaga kepercayaan Anda!

Related Articles: