BAB I

PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Penelitian

Tugas utama seorang guru adalah mengelola proses belajar mengajar, sehingga terjadi interaksi antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa. Interaksi tersebut sudah barang tentu akan mengoptimalkan pencapaian tujuan yang dirumuskan. Salah satu contoh proses pembelajaran yang memerlukan keterlibatan siswa secara komprehensif adalah matadiklat siklus akuntansi. Dalam proses pembelajaran matadiklat siklus akuntansi diperlukan adanya kemampuan guru dalam mengelola proses belajar mengajar, sehingga keterlibatan siswa dapat optimal dan pada akhirnya berdampak pada perolehan hasil belajar. Selain itu, matadiklat siklus akuntansi juga mempunyai peranan yang penting dalam kehidupan  sehari-hari  karena  pada  kenyataannya  siswa  tidak  dapat  lepas dengan dunia akuntansi, yaitu yang selalu dekat dengan aktivitas menghitung.

Dalam dunia pendidikan, akuntansi berperan sebagai bahasa simbolis yang   memungkinkan terwujudnya   komunikasi  yang  cermat  dan tepat. Kegunaan  akuntansi bukan hanya memberi kemampuan  dalam perhitungan- perhitungan  kuantitatif,  tetapi  juga  dalam  penataan  cara  berfikir,  terutama dalam  hal  pembentukan  kemampuan  menganalisis  dan  melakukan  evaluasi serta kemampuan dalam memecahkan masalah.

Sesuai dengan kurikulum SMK Edisi 2004 yang telah mencoba menerapkan pendekatan  kurikulum  berbasis  kompetensi,  maka  matadiklat siklus akuntansi yang merupakan  rumpun dari kelompok  produktif  program keahlian  Akuntansi  mempunyai  tujuan  untuk  menyiapkan  siswa/  tamatan seperti : 1) memasuki lapangan kerja dan dapat mengembangkan sikap profesional   dalam lingkup  keahlian   bisnis   dan   manajemen,  khususnya Akuntansi, 2) mampu memilih karir, berkompetisi dan mengembangkan  diri dalam  lingkup  keahlian  bisnis  dan  manajemen,  khususnya  Akuntansi,  3) menjadi tenaga kerja tingkat menengah untuk mengisi kebutuhan dunia usaha dan  industri  pada  saat  ini  maupun  masa  yang  akan  datang  dalam  lingkup keahlian bisnis dan manajemen, khususnya Akuntansi dan 4) menjadi warga negara yang produktif, adaptif dan kreatif.

Dengan   kenyataan   itulah  matadiklat   siklus   akuntansi  mempunyai potensi yang sangat besar dalam kaitannya dengan perkembangan ilmu pengetahuan secara cermat dan tepat, serta dalam mempersiapkan warga masyarakat yang mampu mengantisipasi perkembangan ilmu pengetahuan dengan cara berfikir dan bersikap yang tepat pula.

Untuk    mencapai tujuan  pendidikan banyak variabel yang mempengaruhi pelaksanaan proses belajar mengajar di sekolah. Variabel- variabel  tersebut  adalah  kurikulum,  guru,  dan  proses  belajar  mengajar  itu sendiri.   Kurikulum  disusun   untuk  perencanaan  kegiatan belajar,   dan perencanaan  tersebut  hendaknya memperhatikan perkembangan siswa, kesesuaian lingkungan   dan perubahan-perubahan   yang  mungkin   terjadi, sehingga   diharapkan   dapat  mempersiapkan   sumber  daya  manusia  untuk menghadapi dan menjalani perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Perubahan-perubahan   tersebut sesuai dengan   penjelasan Undang- Undang No.32/2004 tentang Pemerintahan Daerah yang menuntut agar dilakukannya pembaharuan berupa diversifikasi kurikulum yang memberi kesempatan kepada daerah untuk mengembangkannya dalam rangka melayani keberagaman  peserta didik, diversifikasi  jenis pendidikan  secara profesional yang sesuai dengan kepentingan daerah tentang adanya perubahan kurikulum. Maka dari itu perlu diadakannya suatu pembaharuan kurikulum. Pembaharuan kurikulum yang dimaksud yaitu suatu analisis mengenai penerapan kurikulum berbasis kompetensi (Competency Based Curriculum) yang dapat membekali peserta didik dengan berbagai kemampuan dalam melakukan tugas-tugas yang sesuai dengan standar performansi tertentu.

Dengan tetap mengacu pada landasan filosofis, ekonomis, dan yuridis, maka disusun GBPP dan pedoman pelaksanaan  kurikulum  SMK edisi 2004 yang dalam pengembangannya menggunakan dua pendekatan utama, yaitu pendekatan kurikulum berbasis kompetensi dan pendekatan berbasis luas dan mendasar (Dirjen Dikdasmen dan Dikmenjur, 2004). Berdasarkan landasan-landasan tersebut di atas, maka Departemen Pendidikan  Nasional  melakukan  penyusunan  standar nasional  untuk seluruh matadiklat  di SMK   yang mencakup standar kompetensi,  kompetensi  dasar, materi pokok dan indikator pencapaian.

Di samping berpedoman pada UU No. 32/2004 tentang Pemerintahan Daerah  dan  landasan  filosofis,  ekonomis,   dan  yuridis,  suatu  kurikulum berbasis   kompetensi   dipilih   sebagai   bentuk   konkret   dari   pembaharuan kurikulum karena kurikulum ini mempunyai beberapa karakteristik seperti : a) menekankan   pada  ketercapaian   kompetensi  siswa  baik  secara  individual maupun klasikal, b) berorientasi pada hasil belajar dan keberagaman, c) penyampaian dalam pembelajaran menggunakan pendekatan dan metode yang bervariasi,  d) sumber  belajar  bukan  hanya  guru,  tetapi juga sumber  belajar lainnya  yang memenuhi  unsur  edukatif  dan e) penilaian  menekankan  pada proses dan hasil belajar dalam upaya penguasaan atau pencapaian suatu kompetensi (Download, http: : //www. Puskur. or.id).

Dalam  penelitian  ini  penulis  mengangkat  permasalahan  pendidikan pada matadiklat siklus akuntansi, karena disisi lain banyak anggapan bahwa matadiklat siklus akuntansi merupakan pelajaran yang sulit seperti halnya matematika. Sebagai contoh nyata yaitu: 1) terkadang siswa tidak mengikuti matadiklat  siklus  akuntansi  karena  belum  mengerjakan  tugas  yang  telah diberikan oleh  guru,  2) siswa  malas  mengikuti matadiklat  siklus  akuntansi karena kegiatan menghitung cenderung lebih banyak dari pada teori yang diberikan. Untuk menghilangkan atau mengurangi kejadian-kejadian tersebut, maka guru perlu memberikan informasi yang jelas dan sedapat mungkin berorientasi kepada pengguna akuntansi di kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu,   guru   sebaiknya   membuat   persiapan   yang   terencana   agar   murid mendapatkan pengalaman belajar yang beragam dan fungsional.

Persiapan yang terencana tersebut diantaranya dengan diberlakukannya kurikulum berbasis kompetensi sebagai penerapan kurikulum yang baru dan lebih memfokuskan  pada kemampuan  pengetahuan,  keterampilan  dan sikap yang  dikembangkan berdasarkan pemahaman yang  akan membentuk kompetensi individual. Dengan demikian, maka suatu kurikulum berbasis kompetensi perlu dikembangkan dan diterapkan pada tiap-tiap sekolah guna menumbuhkan tanggungjawab  dan partisipasi peserta   didik   untuk   belajar   menilai   dan mempengaruhi  kebijakan  umum,  serta memberanikan  diri  untuk  berperanserta dalam berbagai kegiatan, baik di sekolah, masyarakat, bangsa ataupun negara.

B.  Fokus Penelitian

Menurut Moleong (2002:65) fokus pada dasarnya adalah masalah yang bersumber dari  pengalaman peneliti atau melalui pengetahuan   yang diperolehnya melalui kepustakaan ilmiah ataupun lainnya. Dalam penelitian ini yang dijadikan fokus penelitian adalah 1) implementasi  kurikulum  SMK  edisi  2004  melalui  pendekatan  kurikulum berbasis   kompetensi   pada   matadiklat   siklus   akuntansi   di   SMK   Yapek Gombong  Kebumen,  2)  peran  serta  kepala  sekolah,  wakil  kepala  sekolah bidang   kurikulum,   guru   matadiklat,   siswa-siswi,   dan   3)   proses   belajar mengajar yang baik di kelas dengan menggunakan kurikulum SMK edisi 2004 melalui pendekatan KBK khususnya pada matadiklat siklus akuntansi di SMK Yapek Gombong  Kebumen  kurikulum  SMK edisi 2004 melalui pendekatan KBK pada matadiklat siklus akuntansi di SMK Yapek Gombong Kebumen.

Peneliti  sengaja  memilih  SMK  Yapek  Gombong  Kebumen  sebagai fokus  penelitian.  Hal  ini  dikarenakan  SMK  tersebut  merupakan  sekolah kejuruan swasta yang sudah menerapkan kurikulum SMK edisi 2004 melalui pendekatan  kurikulum berbasis  kompetensi,  dan  pelaksanaannya  hampir setara dengan sekolah kejuruan yang berstatus negeri.

Skripsi Daftar Pustaka


Skripsi Lengkap (bab 1-5 dan daftar pustaka) untuk judul diatas bisa dimiliki segera dengan mentransfer dana Rp300ribu Rp200ribu. Setelah proses pembayaran selesai skripsi dalam bentuk softcopy (Msword) langsung kita kirim lewat email kamu pada hari ini juga. Layanan informasi ini sekedar untuk referensi semata. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Cara pesan: Ketik Judul yang dipilih dan alamat email kamu kirim ke 0817-273-509

 
atau bisa telepon langsung.

Kami akan selalu menjaga kepercayaan Anda!

Related Articles: