BAB I

PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah

Dalam suatu proses belajar mengajar peran guru di sekolah sangat dibutuhkan dalam membantu siswanya untuk mencapai hasil belajar yang optimal (Darsono, 2000: 1). Tidak terkecuali pada matematika, saat ini masih banyak siswa yang beranggapan bahwa mata pelajaran matematika sulit dipahami, bersifat abstrak, menjemukan dan membosankan, sehingga tidak sedikit siswa yang mengalami kesulitan dalam memahaminya.

Dari kesulitan siswa dalam mempelajari matematika, terlihat bahwa pelajaran itu sangat bergantung bagaimana cara guru mengajarkan mata pelajaran yang bersangkutan kepada siswa. Guru dapat mengubah rasa takut anak  terhadap pelajaran matematika, dengan mengusahakan dalam penyampaian materi  pelajaran membuat siswasenang, sehingga membangkitkan motivasi siswa, keaktifan serta keterampilan proses siswa dalam mengikuti pelajaran. Banyak  cara bagi seorang guru untuk menyampaikan materi pelajaran yang akan membuat siswa merasa senang, diantaranya adalah dengan menggunakan pendekatan yang tepat dan dibantu dengan adanya media yang mendukung kegiatan belajar mengajar.

Berdasarkan  hasil  wawancara  dengan  guru  matematika  SMP  Pangudi Luhur Giriwoyo Wonogiri, di SMP tersebut belum memanfaatan multimedia komputer sebagai media pembelajaran matematika. Model pembelajaran yang sering digunakan adalah model pembelajaran yang bersifat konvensional. Rata–rata hasil belajar siswa pada mid semester I adalah 60. Hasil tersebut tentu masih jauh dari yang diharapkan. Selain itu juga masih banyak siswa yang menganggap mata pelajaran matematika sebagai beban dan merasa kesulitan dalam belajar matematika. Kecemasan seperti inilah yang sangat mempengaruhi terhadap mental siswa dalam belajar matematika, yang pada akhirnya orangtua dan siswa sendiri memaklumi jika prestasi belajar matematikanya rendah.

Materi keliling dan luas lingkaran merupakan salah satu materi dalam matematika yang memuat prinsip dan hitungan, memerlukan pemahaman yang berlebih.  Hal  itu  akan  membuat  siswa  merasa  jenuh  dan  bosan  dalam mengikuti   proses pembelajaran.   Penyampaian materi  keliling dan luas lingkaran di sini dibuat agar siswa merasa senang dan tidak bosan dalam proses pembelajaran, yaitu dengan menggunakan pendekatan PAKEM yang merupakan suatu pendekatan pembelajaran di mana proses belajar mengajar yang dilakukan akan berjalan efektif dengan siswa dan guru yang aktif serta bisa mengembangkan     kreativitasnya sehingga menciptakan     suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi guru maupun siswa (Masjudi, 2001). Melalui  pendekatan  PAKEM  dalam pembelajaran  matematika  siswa  dapat menggunakan secara aktif serta dapat mengembangkan kreativitasnya untuk mencapai hasil belajar yang baik.

Proses  belajar  mengajar  dilengkapi  dengan  menggunakan  media  yang telah   dirancang   dan   dibuat   dengan  memanfaatkan   teknologi   komputer kemudian dijadikan dalam bentuk compact disk (CD) biasanya berupa CD pembelajaran yang dalam penyampaian materi akan lebih terorganisasi, bersemangat dan hidup, serta memudahkan guru dan siswa untuk melakukan proses belajar mengajar. CD pembelajaran ini suatu tugas yang terstruktur dan merupakan materi yang belum diajarkan sebelumnya. Pembelajaran dengan menggunakan CD tersebut diharapkan akan dapat memotivasi siswa untuk belajar, karena dapat menampilkan penyajian materi secara menarik dan informatif. Selain itu dalam mempelajari materi dan berlatih soal-soal matematika  menggunakan  CD Pembelajaran  memungkinkan  siswa  untuk dapat belajar dan berlatih dalam suasana menyenangkan (fun) tanpa meninggalkan tujuan pembelajaran, sehingga siswa tidak merasa bosan dalam mengikuti proses pembelajaran dan tujuan pembelajaran yang telah ditentukan dapat tercapai. Dengan menggunakan media CD pembelajaran ini diharapkan proses pembelajaran jadi lebih aktif dan siswa lebih terampil dalam memecahkan masalah yang dihadapi.

Dari uraian di atas, maka penulis ingin mengadakan penelitian dengan judul:“Keefektifan Penerapan Pendekatan PAKEM dengan Media CD Pembelajaran Dalam Pembelajaran Matematika Sub Materi Pokok Keliling dan Luas Lingkaran Pada Siswa Kelas VIII SMP Pangudi Luhur Giriwoyo Wonogiri.”

B.  Permasalahan

Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan di atas, masalah yang diungkap dalam penelitian ini adalah sebagai berikut.

  1. Apakah keterampilan proses siswa dalampembelajaran dengan pendekatan PAKEM dan CD pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar siswa?
  2. Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada pendekatan PAKEM dan CD pembelajaran dengan pembelajaran konvensional?

Skripsi Daftar Pustaka

Skripsi Lengkap (bab 1-5 dan daftar pustaka) untuk judul diatas bisa dimiliki segera dengan mentransfer dana Rp300ribu Rp200ribu. Setelah proses pembayaran selesai skripsi dalam bentuk softcopy (Msword) langsung kita kirim lewat email kamu pada hari ini juga. Layanan informasi ini sekedar untuk referensi semata. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Cara pesan: Ketik Judul yang dipilih dan alamat email kamu kirim ke 0817-273-509

 
atau bisa telepon langsung.

Kami akan selalu menjaga kepercayaan Anda!

Related Articles: