BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Matematika  sebagai salah satu ilmu dasar dewasa ini berkembang sangat pesat baik materi maupun kegunaannya.   Dengan   demikian   maka   setiap penyusunan kembali kurikulum matematika sekolah harus selalu mempertimbangkan  perkembangan  matematika.  Pengalaman-pengalaman   masa lalu dan kemungkinan untuk masa depan.

Ilmu matematika memiliki nilai-nilai yang sangat penting dalam memhentuk sumber daya manusia yang berkualitas karena matematika mempunyai obyek yang abstrak dan memiliki pola pikir deduktif aksiomatis. Nilai-nilai tersebut diperlukan dalam pengajaran  matematika  yang bertujuan dapat menumbuhkemhangkan dan membentuk pribadi siswa dengan menyesuaikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi masa kini.

Banyak pendapat  yang tampak berlainan tetapi dapat ditarik ciri-ciri yang sama yaitu “matematika   memiliki obyek kajian yang abstrak. matematika mendasarkan diri pada kesepakatan-kesepakatan, matematika sepenuhnya menggunakan pola fikir deduktif dan matematika dijiwai dengan kebenaran konsistensi (Soedjadi dan Marsiyah dalam Amin Suyitno, 1997:2).

Fungsi matematika sekolah adalah sebagai masukan instrumental yang memiliki  obyek dasar yang abstrak  dan berlandaskan  kebenaran  konsistensi. Dalam  sistem   proses   pembelajaran   untuk   mencapai   tujuan   pendidikan Nasional. Matematika sekolah merupakan bagian dan matematika yang dipilih atas dasar pengembangan kemampuan dan kepribadian  siswa atas perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Seirama dan sejalan dengan fungsi matematika sekolah maka fungsi matematika di sekolah dasar adalah sebagai berikut.

  1. Menumbuhkan  dan mengembangkan  keterampilan berhitung sebagai alat dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Menumbuhkan   kemampuan   siswa   yang  dapat   dialihgunakan   melalui kegiatan matematika.
  3. Mengembangkan  pengetahuan  dasar  matematika  sebagai  bekal  belajar siswa  yang  dapat  digunakan  lebih  lanjut  di  sekolah  lanjutan  tingkat pertama (SLTP).
  4. Membentuk sikap logis, kritis. hemat, kreatif dan disiplin.

Namun  sampai  saat  ini  prestasi  belajar  siswa  bidang  studi  matematika masih rendah. Rendahnya nilai matematika siswa dalam menyelesaikan soal-soal disebabkan antara lain oleh pengajar sendiri di dalam menyampaikan materi baru kurang memperhatikan  metode dan atau alat-alat bantu agar siswa lebih mudah berfikir logis. Perlu disadari bahwa setiap siswa adalah manusia yang rnemiliki berbagai perbedaan antara lain keadaan fisik, mental, kepribadian, kondisi lingkungan  keluarga,  kemampuan  intelektual,  minat  dan  bakat.  Maka  seorang guru  harus  bisa  memahami  perbedaan-perbedaan  kondisi  siswa  tersebut  agar tujuan pembelajaran bisa tercapai.

Salah satu pokok pembahasan dan mata pelajaran matematika yang menerangkan hasil perkalian bilangan sampai dengan 45 kajiannya melalui benda- benda abstrak. Dalam hal ini alat bantu yang digunakan bertujuan memudahkan mencari hasil perkalian hilangan dengan cara yang cepat dan mudah.

Oleh karena itu di sini penulis mengambil alat bantu untuk membantu belajar  matematika  yang  berupa  potongan-potongan  lidi  dan  bambu  untuk belajar matematika  yang diraut sedemikian  rupa dan diberi warna.  Lidi-lidi tersebut digunakan oleh siswa kelas II Sekolah Dasar untuk membantu dalam pengerjaan  hitung  yaitu  pada  pengerjaan  perkalian  bilangan  cacah  sampai dengan  45. Alat peraga  tersebut  tidak harus membeli  dengan  harga mahal, tetapi   yang   mudah   didapat  dan  menarik  minat  siswa   dalam   belajar matematika.

Dengan  menggunakan  alat peraga  berupa  potongan-potongan  lidi ini diharapkan siswa tidak merasa kesulitan dalam mengerjakan hitung dan pembelajaran   matematika dan siswa akan lebih cepat menerima   dan memahami apa yang diajarkan oleh guru.

B.        Permasalahan

Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan di atas maka permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan menggunakan alat peraga potongan lidi dapat meningkatkan  hasil belajar siswa kelas II SD N Gungungpati 03 pada pokok bahasan perkalian?”.

Skripsi Daftar Pustaka

Skripsi Lengkap (bab 1-5 dan daftar pustaka) untuk judul diatas bisa dimiliki segera dengan mentransfer dana Rp300ribu Rp200ribu. Setelah proses pembayaran selesai skripsi dalam bentuk softcopy (Msword) langsung kita kirim lewat email kamu pada hari ini juga. Layanan informasi ini sekedar untuk referensi semata. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Cara pesan: Ketik Judul yang dipilih dan alamat email kamu kirim ke 0817-273-509

 
atau bisa telepon langsung.

Kami akan selalu menjaga kepercayaan Anda!

Related Articles: