BAB I

PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang

Perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah banyak menciptakan peralatan teknologi yang dapat dimanfaatkan oleh dunia pendidikan, mulai pendidikan tingkat dasar sampai pendidikan tingkat tinggi. Salah  satu  hasil  dari  teknologi  yang  telah  dimanfaatkan  dalam  dunia pendidikan adalah media/alat sumber belajar yang berguna untuk menyumbangkan peran dalam  proses belajar mengajar.

Media pendidikan merupakan salah satu faktor yang besar pengaruhnya terhadap terjadinya  proses  belajar mengajar  yang efektif dan efisien. Dalam pelaksanaan proses belajar mengajar pemanfaatan media pendidikan serta sumber-sumer pendidikan yang lain dapat menunjang keberhasilan proses belajar mengajar. Penggunaan media dalam proses belajar mengajar bertujuan agar proses belajar mengajar tersebut dapat berlangsung secara tepat guna dan berhasil guna, sehingga mutu pendidikan dapat ditingkatkan (Latuheru, 1988: 15)

Pembelajaran yang baik, selain memerlukan pendidik yang menguasai materi dan metode pembelajaran, juga memerlukan suatu media / alat bantu pengajaran. Tersedianya alat bantu mutlak diperlukan untuk pembelajaran praktikum, sehingga dapat memberikan pengalaman kepada peserta didik.

Pneumatik merupakan salah satu ilmu teknik yang penting dalam teknologi dewasa ini. Kesulitan otomasi yang timbul atas dasar-dasar yang rasional dapat dipecahkan dengan sistem-sistem pneumatik. Teknologi pneumatik merupakan suatu bentuk mekanisasi atau otomasi sebagian atau otomasi lengkap pada pengendalian atau penggerakan selain itu juga pada peralatan-peralatan rentang untuk pengerjaan tertentu, atau pada alat-alat angkut, gosok dan angkat.

Pada prinsipnya pneumatik menggunakan teknik udara mampat, di mana udara mampat sebagai pendukung, pengangkut dan pemberi tenaga pada peralatan yang menggunakan sistem pneumatik salah satu diantaranya adalah mesin pengampelas kayu.

Pada kehidupan sehari-hari biasanya pengampelasan dilakukan secara manual yang membutuhkan banyak tenaga, waktu dan kurang efisiensi. Tetapi dengan proses mekanisasi menggunakan sistem pneumatik dapat mempermudah  atau  memperingan  pekerjaan,  efisiensi  waktu,  tenaga  dan biaya. Pemahaman mengenai dasar-dasar pneumatik  dan  aplikasinya  perlu diberikan kepada mahasiswa jurusan Teknik Elektro sebagai bekal untuk digunakan di dunia industri dalam bentuk media/alat pembelajaran.

Berdasarkan uraian di atas maka perlu pengadaan media pembelajaran praktikum mengenai penggunaan sistem pneumatik dalam pengontrolan mesin pengampelas kayu. Maka penelitian ini berjudul “Modul Rancang Bangun Mesin Pengampelas Kayu Berbasis Pneumatik Sebagai Media Pembelajaran”.

B.  Permasalahan

Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan di atas, maka masalah yang dapat dirumuskan adalah sebagai berikut :

  1. Bagaimana desain mesin pengampelas kayu berbasis pneumatik sebagai media pembelajaran?
  2. Bagaimana kinerja mesin pengampelas kayu berbasis pneumatik dalam fungsinya sebagai media pembelajaran?

Skripsi Daftar Pustaka

Skripsi Lengkap (bab 1-5 dan daftar pustaka) untuk judul diatas bisa dimiliki segera dengan mentransfer dana Rp300ribu Rp200ribu. Setelah proses pembayaran selesai skripsi dalam bentuk softcopy (Msword) langsung kita kirim lewat email kamu pada hari ini juga. Layanan informasi ini sekedar untuk referensi semata. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Cara pesan: Ketik Judul yang dipilih dan alamat email kamu kirim ke 0817-273-509

 
atau bisa telepon langsung.

Kami akan selalu menjaga kepercayaan Anda!

Related Articles: