BAB I

PENDAHULUAN

A.  LATAR BELAKANG MASALAH

Busana merupakan segala sesuatu yang dikenakan dari ujung rambut hingga ujung kaki. Busana sebagai kebutuhan pokok setiap orang seperti kebutuhan tempat tinggal dan pangan. Menurut Wasia Rusbani (1984 : 4) busana disamping sebagai syarat kesehatan, juga berfungsi sebagai penutup tubuh, melindungi tubuh, menambah nilai estetika, memiliki  rasa  keindahan,  memenuhi  syarat  peradaban  dan  kesusilaan. Jenis busana dibagi menjadi bermacam-macam fungsi serta kegunaannya. Jenis busana yaitu, kesempatan pemakai (kerja, santai dan lain-lain), usia (anak-anak, dewasa, remaja dan orang tua) baik perempuan dan laki-laki. Seiring dengan perkembangan jaman, busana yang adapun semakin berkembang sesuai dengan perkembangan mode yang beraneka ragam, baik warna, model, bahan dan  teknik pembuatan busana.

Para perancang busana selalu menampilkan mode serta trend warna terbaru yang simple dan menarik konsumen. Pengaruh kemajuan teknologi yang  ada  berbagai macam,  misal media komunikasi yang     dapat mempercepat majunya perkembangan busana diseluruh dunia. Perancang mode busana layak menggunakan fungsi kemajuan teknologi untuk memperkenalkan  hasil  rancangan  busana  kreatif  mereka.  Busana  yang mereka tampilkan dalam acara pameran peragaan busana pada umumnya diambil dari pemanfaatan limbah. Busana ini merupakan kebutuhan utama serta dapat menunjang profesi misalnya, penari, artis dan lain sebagainya Limbah yang semula mencemarkan dan merusak lingkungan sekarang dimanfaatkan sebagai inspirasi rancangan busana. Limbah gelas plastik yang dipakai sebagai hiasan pengganti atau sebagai busana kreasi baru baik estetika atau fungsional dapat menambah nilai keindahan pada busana tersebut. Banyaknya limbah-limbah yang dimanfaatkan sebagai busana sangat mudah didapatkan seperti kaleng minuman, serutan, keping VCD, kerang, sisik ikan, sedotan plastik, kantong plastik, gelas plastik minuman ( aqua, ades, total) dan lain-lain.

Gelas plastik merupakan bahan multi guna yang sangat banyak digunakan dalam  kehidupan  sehari-hari.  Limbah  plastik  minuman misalnya Aqua dipakai dalam bidang pangan dan jarang dimanfaatkan dalam bidang sandang. Namun sesungguhnya bahan plastik dapat diolah menjadi bahan yang menarik untuk pakaian. Biasanya bahan plastik juga sudah  diwujudkan  dalam  bentuk  busana  meski  dalam presentasi  kecil, contohnya seperti mantel, jas hujan, tas, aksesories dan lain sebagainya. Gelas plastik minuman misalnya aqua digunakan sebagai penghias busana atau  pengganti  bahan  utama  busana  (pada  seluruh  busana)  tersebut dipotong dan dibentuk sedemikian rupa dijahit sehingga busana tersebut terlihat bercahaya apabila memakai warna aslinya. Untuk menambah nilai seni tinggi dari gelas plastik tersebut maka perlu ditambah dengan motif, sehingga terkesan mewah. Sifat dari gelas plastik minuman adalah kenyal terhadap daya benturan misalnya jarum jahit, sehingga proses menjahit perlu memilih mata jarum lebih kecil / runcing namun kuat.

Kreatifitas dan inovatif yang tinggi merupakan kiat sukses dalam pekerjaan. Bukan hanya dalam dunia fashion saja, setiap pekerjaan membutuhkan hal itu. Namun tidak semua orang menyadari bahwa kreatifitas pada seseorang baru muncul apabila seseorang tersebut mau mencoba sesuatu yang baru sesuai dengan kreasi dan daya imajinasinya. Bakat hanya ada sekian persen sebagai penunjang kesuksesan dalam pekerjaan dan kreatifitaslah yang mendominasikan dari kesuksesan tersebut. Memang  secara alamiah tidak semua orang biasa mengembangkan kreatifitas yang dimilikinya.

Penulis bermaksud membuat suatu busana kreasi baru dengan memanfaatkan limbah gelas plastic minuman ( misal ; Aqua, Ades, Total dll ) sebagai sumber kreatifitas dan ide dalam pembuatan tugas akhir dengan judul : “Pemanfaatan Limbah Gelas Plastik Pada Busana Kreasi Baru”. Alasan memilih gelas plastik minuman sebagai bentuk adanya inspirasi pembuatan busana kreasi baru untuk mengkreasikan gelas plastik minuman selain mencemarkan lingkungan. Busana kreasi baru dari gelas plastik minuman ini menggunakan sumber ide bunga Gerbera sebagai teknik penataan dalam busana kreasi baru menjadi sebuah inspirasi penulis untuk menerapkannya dalam pembuatan busana kreasi baru.

B.  RUMUSAN MASALAH

Berdasarkan uraian yang dikemukakan diatas dapat diidentifikasi permasalahan, sebagai berikut :

  1. Bagaimana proses pembuatan busana kreasi baru dari gelas plastik dengan cat motif ?
  2. Bagaimanakah cara pemeliharaan busana kreasi baru dari gelas plastik?

Skripsi Daftar Pustaka


Skripsi Lengkap (bab 1-5 dan daftar pustaka) untuk judul diatas bisa dimiliki segera dengan mentransfer dana Rp300ribu Rp200ribu. Setelah proses pembayaran selesai skripsi dalam bentuk softcopy (Msword) langsung kita kirim lewat email kamu pada hari ini juga. Layanan informasi ini sekedar untuk referensi semata. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Cara pesan: Ketik Judul yang dipilih dan alamat email kamu kirim ke 0817-273-509

 
atau bisa telepon langsung.

Kami akan selalu menjaga kepercayaan Anda!

Related Articles: