BAB I

PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang

Entertainment adalah    dunia   hiburan    yang   didalamnya   terdapat beberapa elemen yaitu aktris, aktor dan juga penyanyi. Mereka dalam masyarakat disebut entertainer atau juga selebritis. Gaya hidup mereka sering manjadi sorotan publik. Salah satu gaya hidup mereka adalah gaya berbusana (fashion).  Sering  kali  gaya  busana  mereka  ditiru  oleh  masyarakat  dan dijadikan simbol  fashion.

Di dunia yang modern dan individual masyarakat lebih memandang jauh ke depan melewati label fashion dan desainer untuk mendapatkan simbol fashion baru. Adanya kemudahan informasi yang bisa didapat dari media sampai yang lebih luas lagi internet. Selebritis menjadi semakin mudah diraih atau dikenal, dan masyarakat pun semakin bebas untuk memilih ( Monique Natalia, 2002: 66-68 ).

Kebutuhan masyarakat akan busana sangat beragam sesuai dengan perkembangan waktu. Hal ini menyebabkan masyarakat tidak puas hanya dengan satu jenis pakaian tetapi mengenakan busana yang sesuai dengan jiwa dan kepribadian pemakainya sehingga dapat tampil menarik. Perkembangan mode yang berputar selalu didominasi dengan busana wanita. Pembuatan busana wanita dituntut untuk dibuat secara baik dan benar, salah satunya adalah kostum diva pop. Kostum panggung merupakan busana yang  dipakai  untuk  pertunjukan  tertentu  dalam  suasana  gembira  dengan desain dan hiasan yang unik sehingga dapat menjadi pusat perhatian (centre of interest) pada kesempatan tersebut ( Lukman Ali, 1995:46 ).

Disain yang dibuat untuk pembuatan kostum panggung khususnya untuk seorang diva pop biasanya inovatif dan anggun sehingga menampilkan citra diri dari si penyanyi dalam suatu pertunjukan.

Penciptaan busana sendiri dapat dipengaruhi oleh beberapa sumber ide,  baik  yang  diperoleh  dari  alam  atau  busana  yang  sudah  ada.  Suatu peristiwa misalnya yang dapat kita pakai sebagai sumber ide adalah peristiwa adat suatu daerah atau bernda-benda di sekitar kita (Chodijah dan Wisri A. Mamdy, 1982: 171).

Sumber ide dari alam beraneka ragam yang dapat dijadikan inspirasi dalam  pembuatan  kostum  panggung.  Salah  satu  benda  yang  penyusun gunakan sebagai sumber ide adalah bunga euphorbia milii. Bentuk lekukan kelopak bunga yang unik yaitu berbentuk angka 8 terdiri dari 2 kelopak yang saling menyatu berbeda dengan kelopak bunga yang pada umumnya memiliki lebih dari 3 kelopak dan warnanya yang cantik menimbulkan ide dalam pembuatan kostum diva pop.

Skripsi Daftar Pustaka

Skripsi Lengkap (bab 1-5 dan daftar pustaka) untuk judul diatas bisa dimiliki segera dengan mentransfer dana Rp300ribu Rp200ribu. Setelah proses pembayaran selesai skripsi dalam bentuk softcopy (Msword) langsung kita kirim lewat email kamu pada hari ini juga. Layanan informasi ini sekedar untuk referensi semata. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Cara pesan: Ketik Judul yang dipilih dan alamat email kamu kirim ke 0817-273-509

 
atau bisa telepon langsung.

Kami akan selalu menjaga kepercayaan Anda!

Related Articles: