BAB I

PENDAHULUAN

A.  LATAR BELAKANG

Dalam kehidupan masyarakat terdapat lembaga pendidikan formal dan non formal. Lembaga tersebut bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas. Pendidikan formal adalah pendidikan sekolah sedangkan pendidikan non formal adalah pendidikan di luar sekolah.

Dalam sekolah terjadi proses pendidikan yaitu proses yang berkenaan dengan perkembangan  dan perubahan tingkah laku anak didik, pengetahuan, ketrampilan,  kepercayaan,  dan  kemampuan.  Apabila  seorang  murid  kurang atau tidak bisa mengalami perubahan dan perkembangan seperti di atas, murid tersebut akan dinyatakan tinggal kelas karena dirasa belum mampu untuk melanjutkan ke tingkatan yang lebih tinggi.

Dalam kegiatan sekolah tidak lepas dari data-data yang dapat berubah sewaktu-waktu  dan  dalam  jumlah  data  yang  sangat  besar.  Perubahan  data tersebut harus tersimpan dengan baik. Dalam pengelolaan  data, kebanyakan sekolah menggunakan sistem pemrosesan manual, yaitu data yang ada berupa setumpuk kertas atau rekaman yang disimpan dalam rak berkas.

Seiring dengan kemajuan teknologi, komputer merupakan produk teknologi yang mampu memecahkan masalah bukan hanya dalam segi perhitungan  tetapi juga dalam kemampuannya  menyimpan  dan memberikan informasi.  Walaupun  demikian  dalam  masyarakat  modern  komputer  lebih banyak dimanfaatkan sebagai pusat data (database) dibandingkan penggunaan lainnya.

Perkembangan  basis  data  tidak  lepas  dari  perkembangan  perangkat keras dan perangkat lunak. Salah satu perangkat lunak pengembangan aplikasi yang   populer   adalah   Microsoft   Visual   Basic   6.0   yaitu   suatu   bahasa pemrograman yang  berbasis Microsoft Windows. Sebagai  bahasa pemrograman yang mutakhir, Microsoft Visual Basic 6.0 didesain untuk dapat memanfaatkan fasilitas yang tersedia dalam Microsoft Windows.

Penggunaan  bahasa  pemrograman  Visual  Basic  dalam  penanganan basis data merupakan  kemajuan  teknologi  dalam perkembangan  basis data. Dalam menangani data yang besar, pemrograman Visual Basic sangat efektif dibandingkan  dengan  sistem  pemrosesan  manual  yang  dilakukan.  Di  SMP Negeri 4 Pati pengolahan basis datanya masih menggunakan Microsoft Access dan    Microsoft   Excel.   Kedua   program   tersebut mempunyai    beberapa kelemahan dalam pengolahan basis data antara lain dalam Microsoft Access hasil  program  yang  kita  buat  harus  disertakan  software  access  tidak  dapat berdiri sendiri dan menu pilihannya sudah tersusun dalam program tanpa perlu kita buat sendiri. Sedangkan dalam Visual Basic program yang kita buat bisa berdiri sendiri dengan membuat setupnya karena dalam Visual Basic terdapat fasilitas menu pilihan yang bisa kita atur sesuai dengan kebutuhan.

Kelemahan dalam Microsoft Excel adalah dalam proses pencarian data kurang cepat dan dalam  proses  pengeditan  kita  harus  memblok  data  yang  akan  kita edit kemudian  kita hapus dan baru proses pengeditan  dapat berlangsung.  Visual Basic memberi kemudahan dalam proses pencarian data, proses dapat kita atur sesuai yang kita inginkan  tanpa memblok  data yang akan kita edit melalui bahasa  pemrograman.   Dengan  menggunakan   pemrograman   Visual  Basic penulis tertarik untuk membuat program basis data siswa, guru, dan karyawan. Adapun yang menjadi obyek dalam pembuatan basis data adalah siswa, guru, dan karyawan SMP Negeri 4 Pati pada tahun ajaran 2006/2007.

B.  RUMUSAN MASALAH DAN PEMBATASANNYA

1.   Rumusan Masalah

Permasalahan yang akan dipecahkan dalam kegiatan ini dapat dirumuskan sebagai berikut.

  1. Bagaimana bentuk normal dari relasi tabel dalam basis data guru, karyawan, dan siswa di SMP Negeri 4 Pati?
  2. Bagaimana    algoritma     untuk     membuat     program     basis     data menggunakan program Microsoft Visual Basic 6.0?
  3. Bagaimana  cara  atau  proses  kerja  programming  sehingga  dengan bantuan  Visual  Basic  6.0  dapat  menghasilkan  program  basis  data guru, karyawan, dan siswa di SMP Negeri 4 Pati?

Skripsi Daftar Pustaka

Skripsi Lengkap (bab 1-5 dan daftar pustaka) untuk judul diatas bisa dimiliki segera dengan mentransfer dana Rp300ribu Rp200ribu. Setelah proses pembayaran selesai skripsi dalam bentuk softcopy (Msword) langsung kita kirim lewat email kamu pada hari ini juga. Layanan informasi ini sekedar untuk referensi semata. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Cara pesan: Ketik Judul yang dipilih dan alamat email kamu kirim ke 0817-273-509

 
atau bisa telepon langsung.

Kami akan selalu menjaga kepercayaan Anda!

Related Articles: