BAB I

PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

Perkembangan dunia bisnis yang semakin ketat dewasa ini telah menciptakan suatu persaingan yang semakin tajam antar perusahaan. Persaingan bagi kelangsungan hidup dan perkembangan menjadi perusahaan besar dalam dunia usaha menjadi tantangan perusahaan dalam operasinya. Dalam menghadapi persaingan tersebut, perusahaan dihadapkan pada tuntutan agar mempunyai keunggulan bersaing baik itu dalam teknologi, produk yang dihasilkan maupun sumber daya manusianya. Namun, untuk memiliki keunggulan itu, perusahaan juga memerlukan investasi besar untuk mewujudkannya dengan kebutuhan dana yang semakin besar pula. Untuk mengatasi ketersediaan dana itu, perusahaan harus mencari sumber-sumber permodalan yang dapat menyediakan dana dalam jumlah besar untuk membiayai investasi baru yang dilakukan perusahaan yang juga semakin besar.

Struktur modal merupakan suatu komposisi sumber dana jangka panjang yang umumnya terdiri dari utang jangka panjang, saham biasa, dan saldo laba. Penggunaan sumber dana tersebut pada operasi perusahaan menimbulkan biaya yang disebut biaya modal. Biaya modal mempunyai arti penting bagi perusahaan dalam pengambilan keputusan atas struktur modalnya. Perimbangan dalam modal jangka panjang yang optimal dapat menentukan sumber-sumber modal yang selanjutnya akan membentuk struktur modal yang optimal, yaitu struktur modal yang memaksimumkan nilai perusahaan atau harga saham, dan meminimumkan biaya modal. Memaksimalkan nilai perusahaan merupakan salah satu tujuan manajemen. Pencapaian tujuan tersebut dapat ditunjukkan dengan tingginya harga saham perusahaan dalam perdagangan sahamnya di pasar modal.

Pasar modal selain sebagai sumber pembelanjaan dengan biaya murah juga sebagai media investasi bagi para investor, juga dapat berperan sebagai alat pemantau kinerja perusahaan yang dapat ditunjukkan dengan harga sahamnya. Setiap perubahan yang terjadi di perusahaan dapat secara langsung mempengaruhi persepsi pasar terhadap kondisi perusahaan saat itu dan lebih jauh juga mempengaruhi prospek usaha dengan prestasi yang akan dicapai oleh perusahaan untuk masa mendatang. Persepsi pasar itu dapat menentukan naik turunnya harga saham perusahaan itu sendiri. Berdasarkan pertimbangan di atas, maka penulis ingin mengetahui bagaimana pengaruh penentuan struktur modal yang optimal dapat meminimumkan biaya modal sehingga nilai perusahaan meningkat. Dengan adanya nilai perusahaan yang baik, maka para investor akan menaruh kepercayaan untuk menanamkan modalnya. Dari uraian dan kerangka pemikiran tersebut, penulis tertarik untuk mengulasnya dalam skripsi yang berjudul “PENENTUAN STRUKTUR MODAL YANG OPTIMAL DALAM HUBUNGANNYA DENGAN BIAYA MODAL DAN NILAI PERUSAHAAN” (Studi Kasus pada Perusahaan Semen Gresik (Persero) Tbk dan anak perusahaan )

1.2. Motivasi Penelitian

Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan di atas, maka permasalahan ini dianggap perlu dan penting untuk diteliti karena alasan sebagai berikut:

  1. Faktor ketersediaan dana dalam perusahaan menuntut adanya struktur modal optimal yang merupakan komponen penentu dalam pengembangan potensi suatu industri.
  2. Studi ini menjelaskan hubungan antara struktur modal, biaya modal, dan nilai perusahaan yang merupakan salah satu elemen penting bagi keberlanjutan perusahaan (going concern).
  3. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan BUMN yang merupakan produsen semen terbesar di Indonesia yang saat ini akan mengalami perubahan yang sangat vital atas kepemilikan modal dalam perusahaan.

1.3. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan di atas, maka permasalahan yang

dapat dirumuskan adalah sebagai berikut:

  1. Bagaimana manajemen menentukan komposisi modal jangka panjang dalam struktur modal perusahaan.
  2. Bagaimana kaitan antara struktur modal dengan biaya modal dan nilai perusahaan
  3. Bagaimana optimalisasi struktur modal yang akan dapat meningkatkan nilai perusahaan.

Skripsi Daftar Pustaka


Skripsi Lengkap (bab 1-5 dan daftar pustaka) untuk judul diatas bisa dimiliki segera dengan mentransfer dana Rp300ribu Rp200ribu. Setelah proses pembayaran selesai skripsi dalam bentuk softcopy (Msword) langsung kita kirim lewat email kamu pada hari ini juga. Layanan informasi ini sekedar untuk referensi semata. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Cara pesan: Ketik Judul yang dipilih dan alamat email kamu kirim ke 0817-273-509

 
atau bisa telepon langsung.

Kami akan selalu menjaga kepercayaan Anda!

Related Articles: