BAB I

PENDAHULUAN

A.  LATAR BELAKANG MASALAH

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin pesat disertai dengan persaingan dalam dunia usaha. Salah satu penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam aplikasi-aplikasi  komputer yang semakin marak baik di dunia usaha maupun di dunia pendidikan.

Perkembangan komputer yang pesat bisa dilihat dengan adanya pusat- pusat  pendidikan   komputer   yang   memudahkan   masyarakat   untuk   bisa menikmati teknologi komputer yang dahulu hanya dimiliki kalangan terbatas, hal ini dibuktikan  dengan adanya komputerisasi  disegala bidang contohnya: bidang ekonomi, sosial, pendidikan, politik budaya, kesehatan, manajemen, administrasi dan lembaga-lembaga pemerintah maupun swasta.

Sekolah  sebagai  salah  satu  bentuk organisasi  merupakan  pelaksana teknis   pendidikan   formal.  Struktur organisasi sekolah tersebut terlihat hubungan antara kepala sekolah, guru, siswa, dan pegawai tata usaha sekolah serta pihak lain di luar sekolah.

Kita ketahui fungsi manajemen sekolah adalah pengelolaan data siswa, guru dan karyawan. Pengelolaannya kebanyakan masih menggunakan sistem pemrosesan manual yang masih memiliki banyak kekurangan. Misalnya membutuhkan  waktu yang lama untuk mengerjakannya.  Sistem pemrosesan manual   (berbasis   kertas)   merupakan   bentuk   pemrosesan   dasar   berupa setumpuk  rekaman  yang  disimpan  di  rak-rak  berkas.  Jika  suatu  berkas diperlukan berkas tersebut harus dicari pada rak-rak tersebut (Kadir, 1999:12). Konkritnya, sistem pemrosesan berkas memiliki kekurangan antara lain: kemubadziran   data,   keterbatasan   berbagi   data,   ketidakkonsistenan    dan kurangnya integritas, serta ketidakluwesan (Kadir, 1999:12).

Di   sekolah   SMP   Negeri 1 Margoyoso Kabupaten Pati untuk melakukan pendataan guru, siswa dan karyawan masih menggunakan sistem berkas  (kertas)  artinya  mencatat  data  guru,  siswa  dan  karyawan  di  kertas. Padahal di SMP Negeri 1 Margoyoso Kabupaten Pati sudah mempunyai komputer tapi tidak dimanfaatkan dengan maksimal, yang sering dipakai yaitu dengan  Microsoft  Word  dan  Microsoft  Excel.  Padahal  kita  tahu  sekarang sudah banyak beredar software komputer dimana mempunyai fungsi untuk mempermudah  seorang pemakai untuk mengoperasikannya.  Untuk mencatat data siswa tiap tahun ajaran baru pasti ada siswa yang masuk dengan jumlah banyak  dan  saat  inilah  mulai  proses  memasukkan  data  siswa  satu  persatu. Beda dengan guru dan karyawan mungkin tiap tahun hanya ada satu atau dua orang yang masuk, pensiun atau keluar yang bisa disebabkan karena pindah atau  meninggal  dunia.  Memasukkan  data  siswa  satu  persatu  dengan  cara dicatat  di  kertas,  memerlukan   waktu  lama  karena  harus  dikelompokkan menurut kelas dimana siswa itu diterima.

Hal seperti ini juga menyulitkan saat kita sewaktu-waktu ingin mencari data guru, siswa dan karyawan karena kita harus mencari ditumpukan berkas tersebut. SMP Negeri 1 Margoyoso Kabupaten Pati memiliki 15 kelas yang terdiri dari kelas I, kelas II dan kelas III.

Perlu diketahui komputer juga dapat digunakan untuk perhitungan- perhitungan yang rumit dalam skala besar serta kemampuannya dalam menyimpan  atau  memberikan  suatu  informasi,  dan  juga  dapat  digunaka sebagai media telekomunikasi  apabila dihubungkan  dengan jaringan telepon atau biasa sering disebut dengan internet. Tetapi juga dapat digunakan untuk menyimpan dokumen penting atau sebagai pusat data (database) yang dapat dijadikan informasi yang bermanfaat bagi semua orang yang membutuhkannya.

Salah satu perangkat lunak pengembangan program aplikasi database dengan Microsoft Visual Basic 6.0 yang lahir dari perkembangan  teknologi basis  data  menggunakan  komputer  perangkat  lunak  (software)  merupakan bahasa pemrograman yang canggih. Microsoft Visual Basic 6.0 adalah bahasa pemprograman  berbasis Microsoft Windows. Sebagai bahasa pemprograman yang    mutakhir,    Microsoft    Visual    Basic    6.0   di   desain    untuk    dapat memanfaatkan  fasilitas  yang  tersedia  dalam  Microsoft  Windows.   Dengan menggunakan  Microsoft  Visual  Basic  6.0  penulis  tertarik  untuk  membuat suatu basis data guru, data siswa dan data karyawan disekolah yang berisikan data lengkap dari guru, siswa dan karyawan. Alasan memakai Visual Basic (VB) karena secara  mendasar  VB mirip dengan bahasa pemrograman  yang lain, misalnya BASIC, C dan Pascal (tetapi tentu saja sintaks dari tiap-tiap bahasa tidak sama persis). Lompatan besar VB adalah kemampuannya untuk memanfaatkan Windows dan cara penggunaannya juga berbasis visual seperti aplikasi Windows lainnya, misalnya untuk mengatur besarnya jendela cukup dengan men-drag form yang tersedia dengan mouse sehingga diperoleh ukuran yang dikehendaki (Dewobroto W, 2002:3)

Dari latar belakang tersebut, maka penulis mengambil judul penerapan Microsoft  Visual  Basic  6.0  dalam  manajemen  pembuatan  basis  data  guru, siswa dan karyawan di sekolah SMP Negeri 1 Margoyoso Kabupaten Pati.

B.  PERUMUSAN MASALAH DAN PEMBATASANNYA

1.   Perumusan Masalah

Melihat latar belakang masalah tersebut, maka penulis akan merumuskan masalah yaitu bagaimana aplikasi dan proses kerja program basis data guru, siswa dan karyawan sekolah di SMP Negeri 1 Margoyoso Kabupaten Pati dengan  menggunakan program Visual Basic 6.0?

2.   Pembatasan Masalah

Manajemen sekolah mencangkup berbagai   bentuk kegiatan, sehingga  seluruh kegiatan  tidak mungkin  dibuat program basis datanya. Berdasarkan  pertimbangan  waktu,  pada kegiatan  ini hanya dapat dibuat basis data siswa, guru dan karyawan sekolah. Bahasa program yang digunakan adalah bahasa pemrograman Microsoft Visual Basic 6.0.

Skripsi Daftar Pustaka

Skripsi Lengkap (bab 1-5 dan daftar pustaka) untuk judul diatas bisa dimiliki segera dengan mentransfer dana Rp300ribu Rp200ribu. Setelah proses pembayaran selesai skripsi dalam bentuk softcopy (Msword) langsung kita kirim lewat email kamu pada hari ini juga. Layanan informasi ini sekedar untuk referensi semata. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Cara pesan: Ketik Judul yang dipilih dan alamat email kamu kirim ke 0817-273-509

 
atau bisa telepon langsung.

Kami akan selalu menjaga kepercayaan Anda!

Related Articles: