BAB I

PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Masalah

Kondisi iklim tropis Indonesia saat ini yang lembab serta dengan sinar matahari yang terik hampir sepanjang tahun, menjadikan rambut seseorang mudah mengalami kerusakan. Terlebih  ditambah dengan aktivitas yang padat sehingga menjadikannya mudah lepek dan lembab karena keringat dan panas matahari, sehingga rambut seseorang menjadi lebih mudah mengalami kerontokan serta kilau indahnya pun menjadi berkurang. Setiap orang pasti ingin memiliki rambut yang senantiasa sehat, berkilau dan juga bebas dari ketombe, sehingga untuk memilikinya setiap orang harus merawat rambut yang dimilikinya karena bagaimanapun juga, rambut  merupakan bagian dari tubuh manusia yang dapat diukur keindahannya. Bila kurang perawatan, rambut seseorang akan mudah rusak, bercabang, berwarna kemerahan, berketombe bahkan mengalami kerontokan.

Memiliki rambut yang senantiasa sehat dan indah bukan merupakan suatu hal yang mustahil. Seperti halnya dengan merawat kulit tubuh, kesehatan rambut seseorang akan mudah didapatkan jika melakukan perawatan secara baik sejak dini. Menjaga rambut agar nampak sehat dan berkilau memang tidak dapat dilakukan secara singkat, akan tetapi dibutuhkan waktu yang cukup lama serta perawatan yang teratur. Salah satu bentuk perawatan rambut yang paling mudah adalah dengan memberikan nutrisi bagi rambut dengan cara selalu mengkonsumsi berbagai macam sayuran serta buah-buahan yang mengandung vitamin E. Selain itu, upaya perawatan rambut juga dapat dilakukan dengan cara menjaga kebersihan dan kesegaran rambut dan kulit kepala sehari-hari. Kunci utama agar penampilan rambut seseorang selalu tampak sehat, berkilau indah, dan menarik adalah dengan mencuci rambut dengan jenis shampoo yang sesuai.

Dengan semakin banyaknya individu yang mulai peduli akan kesehatan dan keindahan rambut yang dimilikinya, maka tidaklah heran jika pada saat ini banyak sekali jenis shampoo yang beredar di pasaran. Setelah menyadari bahwa perawatan rambut itu penting bagi kesehatan dan keindahan rambut, banyak orang mulai dihadapkan pada suatu dilema, yakni ketika harus menentukan produk apa yang cocok digunakan dalam melakukan perawatan terhadap rambut yang dimilikinya.

Berbagai pertanyaan pun mulai banyak bermunculan pada fase pemilihan produk. Ini disebabkan adanya suatu ketakutan terhadap dampak yang mungkin dapat terjadi sebagai akibat dari pemilihan produk yang salah. Dengan munculnya berbagai pertanyaan tersebut membuat pilihan produk perawatan rambut kini banyak beredar di pasaran. Setiap pebisnis dalam sektor ini, baik yang dari dalam negeri maupun luar negeri saling mengejar target pasar di Indonesia yang pada akhirnya hal ini dapat memberikan keuntungan bagi konsumen karena semakin banyaknya kesempatan bagi konsumen untuk mendapatkan suatu produk yang terbaik, namun terkadang hal ini pun dapat menyesatkan konsumen jika konsumen tidak berhati-hati dalam memilih produk shampoo.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh MARS, Marketing Research Specialist tahun 2005 pada majalah SWA tentang merek-merek paling bernilai atau berkinerja terbaik di Indonesia shampo “Sunsilk” menduduki peringkat pertama dalam kategori produk shampoo.hal ini dibuktikan dalam waktu tiga tahun secara berturut – turut shampoo sunslik menduduki peringkat pertama sejak tahun 2003 sampai 2005,dan disusul  pesaing-pesaing seperti shampo clear,pantane,lifeboy dan produk shampo lainnya masih berada dibawah shampoo Sunsilk. Hal ini menunjukkan bahwa shampoo “Sunsilk” mempunyai daya tarik tersendiri bagi konsumen sebagai shampoo yang telah terbukti mempunyai keandalan merek. Dan untuk menghadapi persaingan di dunia bisnis dan barang yang begitu kompetitif dewasa ini, maka perlu disusun strategi pemasaran yang tepat sehingga produsen shampoo mempunyai keunggulan bersaing. Agar produk yang dihasilkan oleh produsen dikonsumsi oleh  konsumen, maka produsen harus memberikan nilai yang tinggi kepada konsumen dengan memberikan produk atau jasa yang berkualitas dengan harga yang bersaing. Hal ini disebabkan oleh sikap konsumen dalam membeli sebuah produk yang tidak hanya sebatas membeli produk yang dapat memenuhi kebutuhannya saja, akan tetapi lebih dari itu, konsumen membeli suatu produk dikarenakan produk tersebut mampu menawarkan atribut produk yang terbaik.

Dalam konsep produk, konsumen akan lebih menyukai produk yang menawarkan fitur yang paling bermutu, berkinerja, dan mempunyai pelengkap inovatif yang terbaik (Kotler, 2005:20). Namun terkadang alasan konsumen dalam membeli sebuah produk seringkali kurang diperhatikan oleh produsen, padahal alasan tersebut merupakan titik awal dari pemasaran. Alasan-alasan konsumen dalam memilih sebuah produk, meski banyak produk sejenis yang ditawarkan adalah mungkin karena konsumen tertarik pada merek, warna, desain, kemasan, dan atribut lainnya. Sehingga dengan demikian, atribut produk dianggap sebagai unsur penting dalam proses pemasaran.

Berdasarkan hal-hal tersebut di atas, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul

“PENGARUH ATRIBUT PRODUK SHAMPOO SUNSILK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAHASISWA S1 MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG”.

Mengetahui atribut produk yang paling penting bagi konsumen tersebut maka PT. Unilever  Indonesia selaku produsen shampoo “Sunsilk” ternyata masih dapat membuat kombinasi atribut atau karakteristik produk yang sesuai dengan keinginan konsumen sasaran sehingga dapat dijadikan dasar bagi kegiatan pengembangan atau penyempurnaan produk perusahaan di masa yang akan datang.

1.2. Perumusan Masalah

Mendasarkan pada latar belakang masalah di atas, maka dapat dirumuskan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut:

  1. Apakah terdapat pengaruh signifikan atribut produk Shampoo “Sunsilk” yang meliputi atribut mutu, merek, kemasan, label, dan harga terhadap keputusan pembelian mahasiswa Strata 1 Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang?
  2. Atribut produk Shampoo “Sunsilk” manakah yang mempunyai pengaruh dominan dalam keputusan pembelian mahasiswa Strata 1 Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang?

Skripsi Daftar Pustaka

Skripsi Lengkap (bab 1-5 dan daftar pustaka) untuk judul diatas bisa dimiliki segera dengan mentransfer dana Rp300ribu Rp200ribu. Setelah proses pembayaran selesai skripsi dalam bentuk softcopy (Msword) langsung kita kirim lewat email kamu pada hari ini juga. Layanan informasi ini sekedar untuk referensi semata. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Cara pesan: Ketik Judul yang dipilih dan alamat email kamu kirim ke 0817-273-509

 
atau bisa telepon langsung.

Kami akan selalu menjaga kepercayaan Anda!

Related Articles: