BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Perkembangan dunia saat ini berjalan dengan pesat, yang menciptakan suatu persaingan yang semakin ketat. Hal ini yang menuntut produsen untuk lebih peka, kritis dan reaktif terhadap perubahan yang ada, baik politik, sosial budaya, dan ekonomi.

Isu globalisasi dan informasi telah membawa masyarakat khususnya mahasiswa lebih kritis dan peka didalam pemilihan produk yang mereka konsumsi. Hal ini juga berpengaruh pada pola hidupnya yang mengalami pergeseran pada kondisi seperti ini, mahasiswa sebagai salah satu konsumen suatu barang akan dapat memilih produk yang sesuai dengan keinginan, kebutuhan, keuangan dan seleranya.

Banyak faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian barang dan jasa. Mempelajari dan menganalisa perilaku konsumen dalam keputusan pembelian adalah hal yang penting, sebab dengan pengetahuan dasar yang baik mengenai perilaku konsumen akan dapat memberikan masukan yang berarti bagi perencanaan strategi pemasaran. Sebagai seorang pemasar harus melaksanakan kegiatan pemasaran yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen.

Pemasaran sebagai salah satu kegiatan atau proses interaksi tentang pemenuhan keinginan serta kebutuhan konsumen yang berusaha dilakukan pihak produsen dengan sistem yang telah disesuaikan merupakan salah satu hal yang wajib diperhatikan bagi perusahaan-perusahan yang ada saat ini jika ingin tetap bertahan di era persaingan ekonomi yang ketat.

Perilaku konsumen mencerminkan mengapa seseorang memilih dan bagaimana konsumen itu membeli dan memilih produk tersebut, sehingga dari sini dapat diketahui hasil diagnosa tentang siapa dan apa tujuan sebenarnya konsumen terhadap produk tersebut.

Dalam analisa perilaku konsumen perlu dikaji dasar pertimbangan dalam melakukan pembelian. Pembelian dengan dasar ekonomis menunjukkan  bahwa keputusan pembelian tersebut didasarkan atas pertimbangan ekonomis yang rasional dan sadar. Hal ini akan mendorong mereka memilih produk yang mempunyai kegunaan yang paling besar dan sebaliknya.

Perilaku konsumen dalam pembelian akan mencerminkan tanggapan terhadap rangsangan pemasaran yang terlihat dari tanggapan akan berbagai bentuk atau wadah produk, harga, promosi, hadiah dan lain-lain. Hal ini sangat membantu manajer pemasaran dalam menetapkan harga, merancang distribusi, melaksanakan diversifikasi dan pengembangan produk serta bagaimana melaksanakan promosi yang tepat.

Bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, distribusi dan promosi adalah komponen-komponen yang dapat dikendalikan oleh perusahaan, dimana dapat digunakan oleh perusahaan untuk mempengaruhi respon konsumen. Atribut yang melekat pada suatu produk dengan segaja diperlihatkan atau diinformasikan untuk mendapatkan atau mempengaruhi konsumen. Sedangkan bagi konsumen komponen-komponen bauran pemasaran yang diberikan oleh perusahaan dapat menjadi stimulus dalam pengambilan keputusan. Jadi hal ini konsumen melihat bauran pemasaran sebagai daya tarik terhadap sutau produk.

Dengan perkembangan zaman sabun mandi tidak hanya berbentuk batangan, tapi kini telah ada yang berbentuk cair. Sabun mandi cair tidak hanya berfungsi untuk membersihkan saja, tapi menampilkan beberapa nilai manfaat dan kegunaan, seperti melembutkan kulit, juga ada yang telah mengandung deodoran. Oleh karena itu perlu bagi pemasar untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi proses pemilihan konsumen terhadap produk sabun mandi cair yang ada, dengan mempelajari perilaku konsumen yang dituju.

Setiap akan melakukan keputusan pembelian, konsumen  melakukan evaluasi mengenai sikapnya. Kepercayaan digunakan konsumen untuk mengevaluasi sebuah merk, kemudian dia akan dapat mengambil keputusan membeli atau tidak, untuk seterusnya konsumen akan loyal atau tidak. Hal ini berlaku juga pada sabun mandi cair merk Lux

Seperti yang ada dipasaran saat ini merk sabun mandi cair terdiri dari berbagai merk, ada Lifebuoy, Biore, Lux, Nuvo, Cussons Impereal, dan sebagainya. Semua diserahkan kepada konsumen untuk memilih merk sabun mandi cair sesuai keinginan dan kebutuhan konsumen sendiri, maka dari itu produsen sabun mandi cair berlomba-lomba untuk meningkatkan penjualan dan meningkatkan loyalitas konsumen. Salah satu cara yang dilakukan adalah melakukan pengembangan produk. Begitu juga yang dilakukan oleh sabun mandi cair merk LUX. Mereka seakan tidak mau ketinggalan, sabun mandi cair LUX memiliki berbagi aroma yang dapat menjadi alternatif bagi konsumen. Selain itu sabun mandi cair LUX juga menambah aromanya dengan aroma-aroma terapi yang dapat menjadi salah satu pilihan bagi konsumen. Sesuai dengan penghargaan yang diberikan kepada PT. Unilever, pada produk sabun mandi cair Merk LUX, yang mendapat penghargaan  “Indonesian Best Brands Awards 2004″ (IBBA) yang diselenggarakan oleh Majalah SWA dan MARS pada tahun 2006.

The Indonesian Best Brand Award merupakan program reguler pemberian penghargaan terhadap The Most Valuable Brand untuk setiap kategori produk, dengan berpijak pada suatu survei nasional terhadap beragam merk.  Survei yang dilaksanakan oleh majalah SWA dan biro riset MARS ini melibatkan tiga kategori responden, yakni: responden perorangan (2.036 responden), responden rumah tangga (2.108 responden) yang tersebar di lima kota besar di Indonesia (Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan dan Semarang), serta responden perusahaan yang ada di Jakarta (www.swa.com).

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik maka konsumen mengadakan pemilihan produk yang dapat memenuhi kebutuhannya secara maksimal. Untuk mengadakan pemilihan kebutuhan tersebut, tentunya konsumen dalam hal ini mahasiswa strata 1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya tergantung pada harga, promosi, saluran distribusi dan produk, faktor ekstern dan juga di pengaruhi faktor intern dari mahasiswa itu sendiri. Dengan cara mempelajari perilaku konsumen dalam memilih sabun mandi cair.

Tujuan pemasar adalah memenuhi dan melayani kebutuhan dan keinginan konsumen sasaran. Tetapi mengenal konsumen lebih jauh tidaklah mudah. Para pelanggan mungkin saja menyatakan kebutuhan dan keinginan mereka sedemikian rupa tetapi yang sebaliknya. Mereka mungkin tidak memahami motivasi mereka lebih mendalam.

Philip Kotler et al (2000) menyatakan bahwa para pemasar harus mempelajari, persepsi, preferensi, dan perilaku belanja pengguna sasaran mereka. Studi-studi seperti ini akan memberikan petunjukkan untuk mengembangkan produk-produk baru, ciri-ciri produk, harga, saluran dan unsur-unsur bauran pemasaran.

Oleh karena itu, proses pembelian lebih menjadi perhatian para pemasar dari pada proses konsumsi. Sehingga strategi pemasaran yang diimplementasikan melalui bauran pemasaran menjadi hal yang penting bagi pemasar sebagai sarana untuk mengetahui konsumennya. Penelitian konsumen harus memiliki relevansi manajerial yang jelas sebelum mempertimbangkan apakah penelitian terhadap konsumen tersebut perlu atau tidak dilaksanakan.

Berdasarkan uraian diatas, dimana pasar selalu dinamis dan semakin menuntut pihak pemasar untuk melakukan antisipasi pemasaran produknya,  maka menarik untuk meneliti tentang “Pengaruh Variabel Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Mandi Cair Merk Lux (Studi Pada Mahasiswa Strata 1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang).

1.2.Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian diatas maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :

  1. Bagaimana pengaruh variabel bauran pemasaran baik secara simultan maupun parsial terhadap keputusan pembelian sabun mandi cair pada mahasiswa  Strata 1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya?
  2. Variabel yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian sabun mandi cair pada mahasiswa  Strata 1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya?

Skripsi Daftar Pustaka

Skripsi Lengkap (bab 1-5 dan daftar pustaka) untuk judul diatas bisa dimiliki segera dengan mentransfer dana Rp300ribu Rp200ribu. Setelah proses pembayaran selesai skripsi dalam bentuk softcopy (Msword) langsung kita kirim lewat email kamu pada hari ini juga. Layanan informasi ini sekedar untuk referensi semata. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Cara pesan: Ketik Judul yang dipilih dan alamat email kamu kirim ke 0817-273-509

 
atau bisa telepon langsung.

Kami akan selalu menjaga kepercayaan Anda!

Related Articles: