BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Seiring dengan perkembangan teknologi di bidang komputer saat ini, baik dalam perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software), hampir sebagian besar pekerjaan manusia kini diselesaikan dengan komputer. Dengan demikian, komputer dapat dikatakan sebagai salah satu alat bantu manusia  dalam menyelesaikan  suatu pekerjaan.  Pemakaian  komputer sering digunakan untuk hal-hal yang berkenaan dengan pemrosesan data (data processing) dan  pengolahan   kata  (word  processing). Salah  satu   alasan, mengapa komputer cenderung digunakan sebagai alat bantu    dalam menyelesaikan suatu pekerjaan karena pekerjaan yang dilakukan menggunakan komputer memiliki kecepatan proses yang lebih dapat diandalkan.

Suatu informasi pada kenyataannya akan lebih efisisen dan efektif dengan  diterapkannya  komputerisasi,  karena  segala  sesuatu  dituntut  serba cepat  dan  akurat,  seiring  dengan  perkembangan   jaman  maka  teknologi komputer  juga  semakin  berkembang  pula  di  berbagai  bidang.  Salah  satu bidang yang terpengaruh adanya perkembangan teknologi komputer adalah di bidang  keagamaan.   Hampir  semua  kegiatan  keagamaan   yang  ada  dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat suatu pembelajaran dengan berdasar pada teknologi komputer.

Kegiatan keagamaan yang dapat dipakai untuk membuat pembelajaran antara  lain  tuntunan  wudlu,  tuntunan  sholat,  baca  dan tulis Al-Qur’an  dan masih banyak lagi. Dalam hal ini penulis ingin membuat suatu pembelajaran membaca Al-Qur’an  secara  interaktif  dengan memakai  teknologi  komputer yang  bertujuan  untuk lebih  mempermudah  bagi  pemula  yang ingin belajar membaca Al-Qur’an.  Dengan adanya software pembelajaran  ini diharapkan para pemula dapat dengan mudah berinteraksi dalam proses kegiatan belajar membaca Al-Qur’an.

Kendala-kendala yang dihadapi dalam proses belajar membaca Al-Qur’an bagi pemula adalah dalam proses pengucapan huruf masih belum bisa membedakan antara pengucapan huruf satu dengan huruf yang lain dalam huruf  hijaiyah dengan  lafal  yang  hampir  sama,  contoh  ?  (Qof) dengan  ? (Kho), ?   (Dlod) dengan  ? (Dho), ?   (Dal) dengan  ?  (Dzal),  pada  saat pengucapan panjang pendek huruf hijaiyah masih belum dapat membedakan antara huruf yang seharusnya dibaca panjang atau pendek.

Dalam membaca Al-Qur’an terdapat kaidah-kaidah dalam pengucapan huruf hijaiyah (hukum tajwid) yang harus dimengerti dan dipahami oleh pembaca Al-Qur’an tetapi pada prakteknya sering tidak diindahkan, banyak yang hanya sekedar membaca tanpa mengetahui hukumnya. Dari kendala- kendala yang telah disebutkan di atas, kendala yang paling sulit adalah banyak pemula   yang   tidak   mengindahkan   kaidah-kaidah   yang   telah   ditetapkan (hukum tajwid). Karena dalam bahasa arab sedikit saja kesalahan dalam pengucapan huruf maka akan mempengaruhi artinya.

Dengan  adanya  kendala-kendala  tersebut  di  atas  maka  diperlukan suatu  alat bantu  yang  akan  mempermudah  dalam  proses  belajar  membaca Al-Qur’an. Alat  bantu  yang  dimaksudkan  disini  berisi  pengenalan  huruf hijaiyah, cara membaca Al-Qur’an yang benar berdasarkan panjang pendek, serta pengucapan huruf hijaiyah yang benar sesuai dengan aturan atau kaidah- kaidah yang telah ditetapkan (hukum tajwid).

Berdasarkan  masalah  tersebut  maka  dalam  pembuatan  skripsi  ini penulis mengambil judul “Rekayasa Perangkat Lunak Pembelajaran Baca Al-Qur’an Berbasis Multimedia”.

1.2 Perumusan Masalah

Berdasarkan   latar  belakang  masalah  di  atas  maka  perumusan masalah yang akan dibahas dalam tugas akhir ini adalah sebagai berikut:Membuat Suatu Aplikasi Pembelajaran Baca Al-Qur’an Berbasis Multimedia”

Skripsi Daftar Pustaka


Skripsi Lengkap (bab 1-5 dan daftar pustaka) untuk judul diatas bisa dimiliki segera dengan mentransfer dana Rp300ribu Rp200ribu. Setelah proses pembayaran selesai skripsi dalam bentuk softcopy (Msword) langsung kita kirim lewat email kamu pada hari ini juga. Layanan informasi ini sekedar untuk referensi semata. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Cara pesan: Ketik Judul yang dipilih dan alamat email kamu kirim ke 0817-273-509

 
atau bisa telepon langsung.

Kami akan selalu menjaga kepercayaan Anda!

Related Articles: