BAB I

PENDAHULUAN

A.  LATAR BELAKANG

Pendataan administrasi pada manajemen perhotelan memerlukan ketepatan mekanisme dan penataan yang teroganisir agar data dapat terkemas dan terjaga keamanannya dengan baik, seiring pesatnya teknologi dan kemudahan-kemudahan yang ditawarkan didalamnya, kini instansi-instansi baik swasta maupun negeri memanfaatkan fasilitas teknologi dalam pengolahan data-data yang dulu diolah secara manual diubah kedalam pola komputerisasi yang mempermudah proses pengentrian dan pencarian data-data yang telah tersimpan dalam database. Database tersebut dibuat dengan tujuan agar proses kerja lebih optimal dan dapat dilakukan secara tepat dan tepat dengan tingkat kesalahan yang sedikit.

Perusahaan  perhotelan  memiliki  data-data  diantaranya  adalah  data tamu, data keluar masuk tamu data karyawan dan data administrasi, namun pengolahannya masih bersifat manual dan membutuhkan waktu yang sangat lama dalam proses penyimpanannya, oleh karena itu perlu dicari alternatif dalam penanganan data tersebut. Kalau kita cermati bersama, komputer merupakan solusi terbaik dalam pengolahan data perhotelan.

Komputer mampu memecahkan masalah, bukan hanya dalam perhitungan, tetapi juga dalam kemampuan menyimpan dan memberikan informasi, walaupun demikian dalam masyarakat modern komputer banyak dimanfaatkan sebagai pusat data (database) dibanding pengunaan lainnya. Karena peran database yang sangat menonjol. Pemrosesan basis data menjadi perangkat andalan yang kehadiranya sangat diperlukan, dan tidak hanya mempercepat perolehan informasi, tetapi juga dapat meningkatkan pelayanan terhadap tamu hotel.

Sistem administrasi hotel yang ada pada Puri Indrakila Hotel dan Cottage Ungaran masih memerlukan banyak perubahan, terutama untuk pendataan yang memusat pada server serta pengorganisasian komputer- komputer yang terhubung pada suatu jaringan. Laporan-laporan yang harus menunggu lama masih perlu diperbaiki sehingga diharapkan dapat setiap saat dipantau oleh manager hotel.

Pembuatan suatu sistem server yang sering disebut dengan billing memudahkan  pengoperasian  yang  dilakukan  oleh  front  desk hotel  untuk mengentri data maupun pencarian data. Data yang masuk tidak disimpan pada komputer yang bersangkutan tempat pengentrian data tetapi langsung pada server yang dapat dipantau oleh pemiliknya tanpa harus menanyakan pada petugas front desk hotel. Keefektifan ini memudahkan pemilik hotel untuk mengetahui segala sesuatu yang berhubungan dengan tamu hotel maupun informasi dari tamu hotel.

Perkembangan teknologi database tidak lepas dari perkembangan perangkat lunak dan perangkat keras, salah satu perangkat lunak perkembangan aplikasi yang popular adalah Microsoft Visual Basic. dimana bahas pemrograman yang mutakhir Microsoft Visual Basic didesain untuk dapat memanfaatkan fasilitas yang tersedia dalam Microsoft Windows dan merupakan Softwere yang biasa digunakan untuk membuat program yang cukup sederhana tetapi banyak cakupan yang dapat dikerjakan. Pengunaan bahasa pemprograman Visual Basic dalam penanganan database merupakan kemajuan teknologi dalam perkembangan basis data maupun aplikasi lain yang langsung dapat berhubungan dengan komputer. Dalam menangani data yang besar program Microsof Visual Basic sangat efektif dibanding sistem pemprosesan manual yang lakukan maupun dengan dengan program yang diakses melalui sebuah komputer. Dengan menggunakan Microsof Visual Basic kegiatan ini dimaksudkan untuk membuat program database perhotelan dengan sistem server yang digunakan untuk memantau seluruh kegiatan pengadministrasian.

Pada penulisan tugas akhir ini Microsoft Visual Basic diimplementasikan menciptakan aplikasi sistem administrasi data Puri Indrakila Hotel dan Cottage Ungaran, untuk dapat memudahkan pengadministrasian data hotel yang selalu dapat dipantau oleh manajer hotel.

B.  PERUMUSAN MASALAH DAN PEMBATASANNYA

1.   Rumusan Masalah

Dari latar belakang tersebut di atas, maka permasalahan yang muncul adalah bagaimana cara membuat dan mengolah program database tamu dan data administrasi pada suatu usaha perhotelan yang terhubung dengan satu komputer yang terpusat (server) serta  proses kerja program sehingga dapat menghasilkan sistem database perhotelan yang langsung dapat dipantau oleh pemiliknya?

2.   Pembatasan masalah

Pada  database ini  dibuat  sistem  database untuk  pengolahan  data-data yang ada di hotel yang digunakan untuk mempermudah pengumpulan data supaya dapat dipantau langsung oleh pemilik hotel tanpa harus menunggu laporan bulanan dari petugas front desk hotel. Bahasa pemprograman yang digunakan adalah bahasa pemprograman Microsoft Visual Basic.

Skripsi Daftar Pustaka

Skripsi Lengkap (bab 1-5 dan daftar pustaka) untuk judul diatas bisa dimiliki segera dengan mentransfer dana Rp300ribu Rp200ribu. Setelah proses pembayaran selesai skripsi dalam bentuk softcopy (Msword) langsung kita kirim lewat email kamu pada hari ini juga. Layanan informasi ini sekedar untuk referensi semata. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Cara pesan: Ketik Judul yang dipilih dan alamat email kamu kirim ke 0817-273-509

 
atau bisa telepon langsung.

Kami akan selalu menjaga kepercayaan Anda!

Related Articles: