BAB I

PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah

Perkembangan  teknologi  yang  semakin  cepat  mendorong  manusia untuk selalu mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam dunia otomotif  khususnya  dalam  mobil  dikenal  berbagai  macam  sistem  yang bekerja. Sistem-sistem itu bekerja saling berkaitan antara satu dengan yang lain, sehingga jika salah satu dari sistem mengalami kerusakan atau diganti dengan komponen yang tidak sesuai, maka akan mempengaruhi kerja sistem yang lain. Sistem power steering pada kemudi mobil berfungsi untuk menyempurnakan kenyamanan pada pengemudi. Sekarang ini banyak mobil- mobil modern mempunyai ban lebar dengan tekanan yang rendah, sehingga mengakibatkan  bidang  singgung  ban  dengan  permukaan  jalan  bertambah besar oleh karena itu mengakibatkan tenaga yang dibutuhkan untuk mengemudikan kendaran menjadi bertambah besar.

Usaha memutar kemudi dapat dikurangi dengan memperbesar perbandingan gigi (gear ratio) pada sistem kemudi, tetapi ini akan mengakibatkan usaha untuk memutar roda kemudi semakin besar pada saat kendaraan berbelok, terutama pada belokan tajam. Oleh karena itu, agar usaha dalam pengemudian kecil, diperlukan suatu sistem bantuan kemudi yang disebut power steering (steering assist device). Power steering biasanya digunakan pada kendaraan besar, tetapi sekarang juga digunakan pada mobil- mobil penumpang yang berukuran kecil.

Power steering ini diciptakan untuk memperingan dan memberi kenyamanan pengemudi dalam mengemudi. Sistem power steering ini menggunakan fluida untuk memperoleh momen yang besar dalam menekan, sehingga dalam pengemudian menjadi ringan. Untuk mobil-mobil modern sekarang ini apabila sistem kemudinya tidak memakai power steering, saat belokan tajam atau membanting stir secara mendadak, akan mengakibatkan usaha pengemudi dalam mengemudikan menjadi besar. Hal ini akan berpengaruh pada kenyamanan dan keselamatan pengemudi dan penumpang lainnya.

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka diambil judul “Sistem Kemudi dengan Power Steering tipe Rack and Pinion pada Toyota Kijang Super seri KF 50 ”.

B.  Permasalahan

Permasalahan  yang  diangkat  dalam  penulisan  proyek  akhir  dengan judul “Sistem Kemudi dengan Power Steering tipe Rack and Pinion pada Toyota Kijang Super seri KF 50” adalah untuk mengetahui lebih mendalam tentang sistem kemudi dengan power steering tipe rack and pinion dan gangguan-gangguan yang sering terjadi pada sistem kemudi dengan power steering tipe rack and pinion khususnya pada toyota kijang super seri KF 50, yang meliputi:

  1. Bagaimana kontruksi dari sistem kemudi dengan power steering tipe rack and pinion.
  2. Bagaimana cara kerja sistem kemudi dengan power steering tipe rack and pinion.
  3. Bagaimana gangguan yang sering terjadi  pada komponen- komponen sistem kemudi dengan power steering tipe rack and pinion dan cara memperbaiki kerusakan-kerusakan berdasarkan analisis dari kerusakan yang terjadi.

Skripsi Daftar Pustaka


Skripsi Lengkap (bab 1-5 dan daftar pustaka) untuk judul diatas bisa dimiliki segera dengan mentransfer dana Rp300ribu Rp200ribu. Setelah proses pembayaran selesai skripsi dalam bentuk softcopy (Msword) langsung kita kirim lewat email kamu pada hari ini juga. Layanan informasi ini sekedar untuk referensi semata. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Cara pesan: Ketik Judul yang dipilih dan alamat email kamu kirim ke 0817-273-509

 
atau bisa telepon langsung.

Kami akan selalu menjaga kepercayaan Anda!

Related Articles: