BAB I

PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah

Perkembangan teknologi yang semakin cepat mendorong untuk selalu mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk bidang otomotif, dengan semakin majunya teknologi yang digunakan ternyata memunculkan permasalahan-permasalahan yang cenderung mengarah performa unjuk kerja sistem-sistem dalam mesin. Diantara sistem-sistem tersebut adalah sistem pendinginan mesin, sistem ini merupakan bagian yang sangat vital dan sangat mempengaruhi kinerja mesin jika dilihat dari fungsinya. Cooling system (sistem pendinginan) adalah suatu rangkaian untuk mengatasi terjadinya over Heating (panas yang berlebihan) pada mesin agar mesin bisa bekerja secara stabil (Daryanto, 1999:51). Mesin pembakaran dalam selama beroperasi temperatur gas dalam ruang pembakaran bisa memcapai 2500 °C sehingga diperlukan suatu sistem pendinginan mesin. Apabila sebagian panas yang dihasilkan dari pembakaran tidak dibuang, komponen mesin yang berhubungan dengan pembakaran akan mengalami kenaikan temperatur yang berlebihan dan cenderung merubah sifat-sifat serta bentuk dari komponen mesin tersebut (Daryanto, 1999:62). Berdasar kejadian tersebut, mobil diperlukan sistem pendinginan yang berfungsi untuk menurunkan temperatur pada mesin sehingga kemampuan ideal mesin dapal dicapai.

Alasan  penulis  mengambil  judul  “Sistem  Pendinginan  pada  mesin Toyota Corolla GL 3A” adalah :

  1. Sistem  pendinginan  pada Toyota Corrola GL  3A  mmempergunakan pompa   sentrafugal  dan dilengkapi  dengan  motor  yang berperan berdasarkan temperature suhu.
  2. Sering ditemui gangguan pada system pendiginan yang mempengaruhi ujuk kerja mesin, untuk itu perlu analisis masalah dan perbaikan gangguan system pendinginan.
  3. Karena  penulis  menggunakan  mesin  Toyota  Corrola  GL  3A  sebagai proyek akhir, maka system pendinginan yang diambil adalah system pendinginan Toyota Corrola GL 3A.

Dari judul “Sistem Pendinginan Pada Mesin Toyota Corolla GL 3A”, akan timbul permasalahan sebagai berikut :

  1. Apa  saja  komponen-komponen  sistem  pendingin  mesin  mobil  Toyota Corolla GL 3A dan bagaimana cara kerjanya ?
  2. Bagaimana proses sirkulasi pendinginan mesin mobil Toyota Corolla GL 3A ?
  3. Kerusakan-kerusakan apa saja yang seiing terjadi pada sistem pendinginan dan bagaimana cara mengatasinya, khususnya mobil Toyota Corolla GL 3A ?

B.  Tujuan/ Manfaat

1.   Tujuan

Tujuan  penulis  mengambil  judul  “Sistem  Pendinginan  Pada Mesin Toyota Corolla GL 3A” adalah :

  1. Untuk  mengetahui  lebih  mendalam  tentang  komponen-komponen sistem pendinginan dan cara kerjanya pada mobil Toyota Corolla GL 3A.
  2. Untuk mengetahui proses sirkulasi pendinginan pada mesin Toyota Corolla GL 3A.
  3. Untuk mencari kerusakan-kerusakan yang sering terjadi serta cara mengatasinya pada sistem pendinginan mobil Toyota Corolla GL 3A.

2.   Manfaat

Dari pembuatan dan penulisan laporan Proyek Akhir ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai berikut :

  1. Sebagai buku referensi atau literatur kajian bidang otomotif khususnya tentang sistem pendinginan mobil.
  2. Sebagai sarana pengembangan ilmu pengetahuan khususnya tentang sistem pendinginan mobil.
  3. Memberikan kemudahan kepada masyarakat umum dalam mencari kerusakan-kerusakan pada sistem pendinginan, khususnya tentang sistem pendinginan mobil Toyota Corolla GL 3A.

Skripsi Daftar Pustaka

Skripsi Lengkap (bab 1-5 dan daftar pustaka) untuk judul diatas bisa dimiliki segera dengan mentransfer dana Rp300ribu Rp200ribu. Setelah proses pembayaran selesai skripsi dalam bentuk softcopy (Msword) langsung kita kirim lewat email kamu pada hari ini juga. Layanan informasi ini sekedar untuk referensi semata. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Cara pesan: Ketik Judul yang dipilih dan alamat email kamu kirim ke 0817-273-509

 
atau bisa telepon langsung.

Kami akan selalu menjaga kepercayaan Anda!

Related Articles: