BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
Pengunaan alat-alat baru terutama dalam proses produksi dapat menghasilkan produksi lebih banyak, lebih berkualitas dan waktu pembuatan yang relatif singkat. Oleh karena itu bagi perusahaan yang mampu memanfaatkan perkembangan teknologi dalam menjalankan usahanya akan mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumennya.
Dalam dunia perekonomian dewasa ini pada umumnya produsen tidak menjual langsung barang produksinya kepada konsumen akhir. Diantara produsen dan konsumen terdapat lembaga-lembaga perantara. Lembaga-lembaga perantara ini memegang peran penting dalam menyalurkan barang-barang hasil produksi. Untuk itu setiap produk yang telah selesai harus ditentukan bagaimana cara pendistribusiannya ke pasar-pasar yang ada, agar sampai kepada konsumen, dengan jumlah dan waktu yang tepat.
Ketepatan perusahaan dalam menentukan saluran distribusinya akan sangat mendukung lancarnya penyaluran produk sampai ke tangan konsumen. Oleh karena itu jelas diperlukan beberapa perantara dalam saluran distribusi untuk menyalurkan produk-produk tersebut. Kesalahan dalam memilih saluran distribusi dapat memperlambat, bahkan akan menghambat usaha penyaluran produk dari produsen kepada konsumen, walaupun produk yang dihasilkan sudah sesuai dengan keinginan konsumen
Sesuai dengan uraian-uraian tersebut diatas, penulis tertarik untuk melakukan peninjauan kelapangan menyangkut saluran distribusi yang dilaksanakan oleh PT. Barata Indonesia, yang bergerak di dalam bidang pembuatan alat-alat berat dan konstruksi baja. PT. Barata Indonesia cabang Bandung dalam melaksanakan penyaluran produknya, memiliki tujuan mendekatkan produk sedekat-dekatnya pada konsumen. Dengan demikian, diharapkan konsumen menjadi lebih mudah di dalam mendapatkan produk-produk perusahaan, dengan adanya kemudahan tersebut kemungkinan konsumen untuk melakukan pembelian akan lebih besar.
Atas dasar pertimbangan-pertimbangan tersebut, maka dapat dikatakan bahwa saluran distribusi mempunyai peranan penting dalam hubungannya dengan penjualan. Volume penjualan dapat meningkat jika saluran distribusi yang dijalankan perusahaan tersebut tepat. Untuk itu penulis ingin mengungkapkan tentang tema diatas untuk dijadikan judul dalam penulisan laporan Tugas Akhir dengan judul “Suatu Tinjauan tentang Saluran Distribusi yang digunakan Pada PT. Barata Indonesia cabang Bandung.”

1.2. Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan diatas, maka penulis mengidentifikasikan beberapa masalah pokok yang akan dilaporkan dipenelitian ini, antara lain :
1. Bagaimana pelaksanaan saluran distribusi yang digunakan PT. Barata Indonesia cabang Bandung?
2. Faktor-faktor apa saja yang dipertimbangkan dalam menentukan saluran distribusi ?
3. Masalah-masalah apa saja yang dihadapi oleh PT. Barata Indonesia cabang Bandung dalam menyalurkan produknya kepada konsumen ?
4. Bagaimana cara penyelesaian masalah-masalah yang dihadapi PT. Barata Indonesia cabang Bandung dalam menyalurkan produknya kepada konsumen?

1.3. Maksud Dan Tujuan Kerja Praktek
Maksud dari kerja praktek ini yaitu untuk mengumpulkan data dan informasi sebagai bahan yang diperlukan dalam penyusunan laporan Tugas Akhir, guna memenuhi salah satu syarat untuk menempuh ujian akhir Diploma III pada Fakultas Ekonomi Universitas Widyatama Bandung.
Sedangkan yang menjadi tujuan dari praktek kerja lapangan ini adalah:
1. Untuk mengetahui pelaksanaan saluran distribusi yang digunakan oleh PT. Barata Indonesia cabang Bandung.
2. Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi di dalam mempengaruhi pemilihan saluran distribusi.
3. Untuk mengetahui masalah-masalah apa yang dihadapi perusahaan dalam meyalurkan produknya kepada konsumen.
4. Untuk mengetahui cara penyelesaian masalah-masalah yang dihadapi PT. Barata Indonesia cabang Bandung dalam menyalurkan produknya kepada konsumen?

1.4. Kegunaan Tugas Akhir
Dengan tersusunnya laporan Tugas Akhir ini, diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai berikut:
1. Bagi penulis, penelitian ini banyak memberikan masukkan terutama kejelasan dalam penerapan ilmu, khususnya manajemen pemasaran mengenai saluran distribusi yang diperoleh secara teori selama kuliah dengan kenyataannya menghadapi masalah-masalah yang dihadapi oleh perusahaan.
2. Bagi perusahaan, diharapkan dapat menjadi bahan masukan, sehingga dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan di dalam mengelola kegiatan saluran distribusi untuk mengembangkan perusahaan.
3. Bagi pembaca, diharapkan penelitian ini dapat berguna sebagai bahan masukan bagi mahasiswa serta civitas Akademika Universitas Widyatama.

1.5. Metodologi Kerja Praktek
Metode yang penulis gunakan dalam penyusunan laporan Tugas Akhir ini adalah metode deskriptif, yaitu metode penyusunan laporan dengan menggunakan data yang telah digunakan oleh penulis menurut (Singarimbun, 1995 : 70). adalah sebagai berikut:
1. Penelitian lapangan (Field Research)
Yaitu data yang diperoleh dengan mengadakan penelitian langsung pada perusahaan tempat penulis mengadakan penelitian selama satu bulan.
a. Metode wawancara
Merupakan serangkaian proses interaksi dan komunikasi, yaitu suatu tanya jawab secara langsung atau tatap muka antara pewancara dengan orang yang diwawancarai, untuk memperoleh data atau kejelasan mengenai sesuatu. Wawancara dilakukan pada pimpinan, khususnya bagian pemasaran pada PT Barata Indonesia cabang Bandung.
b. Observasi
Yaitu mengadakan pengamatan secara langsung terhadap objek yang diteliti. Dimana mengamati secara langsung kegiatan saluran distribusi yang dilaksanakan PT. Barata indonesia cabang Bandung.
2. Penelitian Pustaka (Library Research)
Studi kepustakaan merupakan pendayagunaan sumber informasi di perpustakaan dan jasa informasi dari literature lainnya yang tersedia. (Singarimbun, 1995 : 79). Teknik penelitian ini ditempuh untuk memperoleh data-data sekunder. Selain itu studi kepustakaan dimaksudkan untuk memperoleh teori-teori yang bisa menjelaskan mengenai pokok permasalahan yang diteliti.

1.6. Lokasi dan Waktu Kerja Praktek
Kerja praktek ini dilaksanakan pada PT. Barata Indonesia cabang Bandung di Jl. Industri No. 15 Bandung. Kerja praktek ini dilakukan mulai bulan 15 Februari sampai dengan bulan 9 Maret 2004.

Skripsi Daftar Pustaka

Skripsi Lengkap (bab 1-5 dan daftar pustaka) untuk judul diatas bisa dimiliki segera dengan mentransfer dana Rp300ribu Rp200ribu. Setelah proses pembayaran selesai skripsi dalam bentuk softcopy (Msword) langsung kita kirim lewat email kamu pada hari ini juga. Layanan informasi ini sekedar untuk referensi semata. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Cara pesan: Ketik Judul yang dipilih dan alamat email kamu kirim ke 0817-273-509

 
atau bisa telepon langsung.

Kami akan selalu menjaga kepercayaan Anda!

Related Articles: