BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Alasan Pemilihan Judul

Sepak bola adalah permainan yang dimainkan oleh 2 regu yang masing- masing regu tediri dari 11 pemain. Seorang pemain dikatakan baik bila sipemain salah satunya  meguasai  teknik  dasar  yang  benar.  Teknik  dasar  yaitu  semua kegiatan yang mendasar, sehingga dengan modal teknik dasar yang baik seorang pemain sepak bola akan dapat bermain dengan baik di segala posisinya.

Sepak bola merupakan salah satu cabang olah raga yang tercantum dalam kurikulum pada jenjang pendidikan SLTP, SMU dan Universitas khususnya FIK UNNES  Semarang.  Sepak bola juga merupakan  olah raga yang paling banyak digemari oleh siswa dan mahasiswa, hal ini dapat terlihat dengan adanya ekstrakulikuler sepak bola di sekolah dan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) sepak bola di Universitas.

Di jurusan PKLO FIK UNNES sendiri telah mempunyai  satu tim sepak bola yang sengaja dipersiapkan untuk menghadapi kompetisi-kompetisi antar Universitas maupun kompetisi yang lain. Para pemain yang tergabung dalam satu tim ini adalah para mahsiswa jurusan pendidikan kepelatihan olahraga yang telah mendapatkan mata kuliah keterampilan sepak bola, sehingga dalam penelitian ini para pemain  sudah  dianggap  telah mengerti  sekaligus  menguasai  teknik-teknik dasar bermain sepak bola dan layak untuk dijadikan sebagai sampel penelitian.

Seorang pemain sepak bola harus mengerti dan menguasai teknik-teknik dasar bermain sepak bola dengan baik, diantaranya yaitu : menendang, menggiring, mengontrol, dan shooting bola ke gawang. Salah satu teknik dasar sepak bola yang sering digunakan yaitu menendang bola. Menendang adalah suatu usaha untuk memindahkan bola dari suatu tempat ketempat lain dengan menggunakan kaki atau bagian kaki. (Sukatamsi 2001: 1.13). Menendang bola mempunyai fase-fase utama dalam tekniknya yaitu : (1) letak tumpu kaki, (2) kaki yang menendang, (3) sikap badan, (4) pandangan mata dan (5) bagian bola yang ditendang (Sukatamsi 1984: 118).

Selain harus menguasai teknik dasar bermain sepak bola yang benar, pemain juga harus mempunyai kondisi fisik yang baik. Komponen kondisi fisik yang diperlukan meliputi : kekuatan, daya tahan, daya ledak, kecepatan, kelentukan, keseimbangan, koordinasi, kelincahan, ketepatan dan reaksi (Sajoto 1988 : 56).

Menendang bola akan sangat dipengaruhi oleh kemampuan motorik seseorang. Kemampuan mototrik dalam penelitian mengambil tiga item diantaranya yaitu : 1) kecepatan lari, 2) kelincahan, dan 3) daya ledak otot tungkai. Sedangkan keterampilan menendang dalam hal ini dikhususkan pada hasil tendangan jarak jauh menggunakan kura-kura kaki bagian dalam. Ketiga faktor tersebut di harapkan akan dapat memberikan sumbangan yang berarti terhadap hasil tendangan jarak jauh melambung menggunakan kura-kura kaki bagian dalam.

Dengan demikian dapat disimpulkan  bahwa : kecepatan,  kelincahan dan daya ledak otot tungkai seseorang akan dapat memberikan  sumbangan terhadap hasil tendangan  jarak  jauh  melambung  menggunakan  kura-kura  kaki  bagian dalam. Dari uraian-uraian  di atas, maka diharapkan  akan sesuai dengan hal-hal yang akan diteliti nantinya dengan judul : “Sumbangan Kecepatan, Kelincahan, Daya Ledak Otot Tungkai Terhadap Hasil Tendangan Jarak Jauh Melambung Kura-kura Kaki Bagian Dalam Pada Tim Sepak Bola PKLO FIK UNNES tahun 2005“.

Berikut merupakan alasan pemilihan judul tersebut adalah :

  1. Seorang pemain sepak bola bisa melakukan tendangan jarak jauh melambung dengan sempurna apabila sudah mengerti dan menguasai teknik menendang bola dengan baik.
  2. Kecepatan, kelincahan, dan daya ledak merupakan faktor penting dalam menentukan hasil tendangan jarak jauh dalam sepak bola.
  3. Sepengetahuan  penulis,  belum  ada  penelititan  semacamnya  khususnya  di jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga FIK UNNES.

1.2 Permasalahan

Lima komponen motorik yang perlu diukur untuk mengukur keterampilan seseorang adalah koordinasi, keseimbangan, kecepatan, daya ledak dan kelincahan (Sajoto 1988:44). Dalam hal ini penulis ingin membatasi dengan mengambil tiga dari   kelima   komponen   motorik   tersebut   yang   diduga   akan   memberikan sumbangan terhadap hasil tendangan jarak jauh melambung menggunakan kura-kura  kaki bagian  dalam,  diantaranya  yaitu : kecepatan,  kelincahan  dan daya ledak. Dari uraian di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut :

  1. Apakah ada sumbangan yang berarti dari kecepatan terhadap hasil tendangan jarak jauh melambung menggunakan  kura-kura kaki bagian dalam pada tim sepak bola PKLO FIK UNNES tahun 2005?
  2. Apakah ada sumbangan yang berarti dari kelincahan terhadap hasil tendangan jarak jauh melambung menggunakan  kura-kura kaki bagian dalam pada tim sepak bola PKLO FIK UNNES tahun 2005?
  3. Apakah ada sumbangan  yang berarti  dari daya ledak otot tungkai  terhadap hasil tendangan jarak jauh melambung menggunakan  kura-kura  kaki bagian dalam pada tim sepak bola PKLO FIK UNNES tahun 2005?
  4. Apakah ada sumbangan yang berarti dari kecepatan, kelincahan dan daya ledak otot tugkai terhadap hasil tendangan jarak jauh melambung menggunakan kura-kura kaki bagian dalam pada tim sepak bola PKLO FIK UNNES tahun 2005?

Skripsi Daftar Pustaka

Skripsi Lengkap (bab 1-5 dan daftar pustaka) untuk judul diatas bisa dimiliki segera dengan mentransfer dana Rp300ribu Rp200ribu. Setelah proses pembayaran selesai skripsi dalam bentuk softcopy (Msword) langsung kita kirim lewat email kamu pada hari ini juga. Layanan informasi ini sekedar untuk referensi semata. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Cara pesan: Ketik Judul yang dipilih dan alamat email kamu kirim ke 0817-273-509

 
atau bisa telepon langsung.

Kami akan selalu menjaga kepercayaan Anda!

Related Articles: