BAB I

PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang

Bunga kecubung adalah bunga yang berbentuk corong dan terpancang pada dasar bunganya. Corong mempunyai 5 benang sari. Daun kelopaknya mempunyai bentuk seperti selendang dan sangat menonjol. Mahkota bunganya sangat panjang. Daun bunga ini berbentuk bundar telur agak memanjang seperti mata tombak. Bunga ini memiliki keunikan dan keindahan yang dapat dilihat dari bentuk dan warnanya sehingga dapat diambil sebagai sumber ide atau gagasan untuk menciptakan desain busana.

Berbusana merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia selain pangan (makan) dan papan (tempat tinggal). Fungsi busana sangat penting sekali bagi manusia selain untuk melindungi tubuh/kebutuhan kesehatan juga untuk memenuhi kebutuhan etika atau sopan santun dan nilai estetika atau keindahan.

Dewasa ini perkembangan dunia kesenian sangat berkembang pesat terutama perkembangan dunia panggung, dari seorang penyanyi , bintang film, ataupun lakon drama. Suksesnya dunia panggung menjadi inspirasi untuk menciptakan busana panggung yang mempunyai nilai artistik/seni. Busana ini juga harus mampu memperjelas karakter yang diperankan. Bahkan menjadi daya tarik dari pementasan itu sendiri. Pementasan ini bertujuan untuk menghibur penonton untuk menampilkan aktris/aktor yang diperlukan rias dan kostum, panggung/pentas serta ilustrasi (teknik suara dan sound effec).

Keindahan bunga kecubung  dan semarak dunia panggung melatarbelakangi pembuatan busana panggung ini yang dibuat dengan teknik pewarnaan air brush.

Air brush adalah teknik pewarnaan dengan menggunakan media udara sebagai kuas. Air brush baru berkembang pada akhir abad ke 19 tepatnya tahun 1879. Dewasa ini air brush banyak digunakan dalam dunia otomotif dan fotografi. Dalam pewarnaan  dengan  teknik  air  brush ini  menggunakan  zat  warna  yang mempunyai komposisi air lebih banyak. Kali ini penulis ingin melakukan percobaan pewarnaan dengan teknik air brush menggunakan zat warna procion. Zat warna procion termasuk golongan zat reaktif yaitu suatu golongan zat baru yang mengadakan gabungan dengan bahan yang diwarnai secara direct chemical linkage atau efek langsung kimia yang biasanya dipakai untuk proses pencelupan. Pemakaian zat warna ini karena zat warna yang telah siap pakai menggunakan pencampuran dengan air yang lebih banyak. Penulis mencoba menerapkan teknik air brush dan zat warna procion dalam pembuatan busana panggung pada bahan mori primisima. Mori   adalah kain putih yang dijadikan batik yang berasal dari serat alam baik kapas maupun sutra. Mori primisima merupakan golongan yang paling halus dari kain mori serat kapas.

B Tujuan dan Manfaat

Tujuan  pembuatan  busana  panggung  dengan  sumber  ide  bunga  kecubung bernuansa natural dengan teknik air brush adalah

  1. Mengetahui proses pewarnaan dengan teknik air brush.
  2. Mengetahui  proses  pewarnaan  kain  mori  primisima  dengan  zat  warna procion.
  3. Menghasilkan sebuah busana yang menarik dan indah dengan sumber ide bunga kecubung.
  4. Menganalisa  pembuatan  busana  panggung  dengan  sumber  ide  bunga kecubung dengan teknik air brush yang menggunakan zat warna procion.

Adapun manfaatnya adalah:

  1. Membentuk pola pikir yang kreatif dalam memaksimalkan daya bahan pewarnan dengan teknik celup dicoba dengan teknik lain dan kain mori sebagai  media menjadi  sebuah  karya  yang  bernilai  estetika  tinggi, menarik serta memiliki daya jual tinggi.
  2. Memberi tambahan informasi kepada masyarakat akan teknik pewarnaan lain dari zat warna procion yang biasanya untuk proses pencelupan.
  3. Memberi wawasan dan referensi yang secara tidak langsung mendorong pembaca untuk lebih kreatif  dalam  memproduksi  busana yang mempunyai nilai jual tinggi.

Skripsi Daftar Pustaka


Skripsi Lengkap (bab 1-5 dan daftar pustaka) untuk judul diatas bisa dimiliki segera dengan mentransfer dana Rp300ribu Rp200ribu. Setelah proses pembayaran selesai skripsi dalam bentuk softcopy (Msword) langsung kita kirim lewat email kamu pada hari ini juga. Layanan informasi ini sekedar untuk referensi semata. Kami tidak mendukung plagiatisme.

Cara pesan: Ketik Judul yang dipilih dan alamat email kamu kirim ke 0817-273-509

 
atau bisa telepon langsung.

Kami akan selalu menjaga kepercayaan Anda!

Related Articles: